}); Jokowi Bicara Puskesmas | BeritaSimalungun
Home » , , » Jokowi Bicara Puskesmas

Jokowi Bicara Puskesmas

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 1 March 2017 | 23:05


BeritaSimalungun.com-Di tengah masyarakat yang sehat, Puskesmas dan rumah sakit akan terlihat sepi, bukan malah ramai mengantri.


Kenapa saya berkunjung ke daerah untuk pemberian makanan tambahan ke ibu hamil dan balita? 

Karena saya ingin memberikan pesan bahwa gizi itu diperlukan sejak dalam kandungan. Ini sejenis investasi jangka panjang terbaik, karena Indonesia memerlukan sumber daya manusia yang sehat. 

Saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2017 siang tadi, saya kembali meminta para petugas kesehatan untuk aktif mendatangi masyarakat dan memberikan penyuluhan. 

Sebagai negara dengan penghasilan menengah, tidak sepantasnya -- dan memalukan -- jika masih ada anak-anak yang kekurangan gizi. Ini harus diselesaikan. Ada satu hingga tiga anak kurang gizi di sebuah daerah pun harus secepatnya diselesaikan, apalagi lebih dari itu.

Ajaklah masyarakat untuk membiasakan diri berpola hidup sehat: makannya, olahraga, lingkungan sanitasi, atau air bersih.

Persoalan lain seperti penyebaran penyakit endemik dan angka kematian ibu yang masih tinggi juga harus secepatnya diselesaikan. Ini bila ingin menjadi yang terdepan sebagaimana visi Indonesia Emas 2045. Tapi kalau ini masih terjadi, lupakan mimpi itu!

Sebagai catatan, hari ini pemerintah meluncurkan program Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS) dan pembangunan 124 Puskesmas di perbatasan. Semua demi upaya pemerataan dengan fokus kesehatan masyarakat. (FB-Presiden Joko Widodo). Foto: Agus Suparto
Share this article :

Post a Comment