. Pertemuan Raja Salman dengan Ketum PGI Pdt Henrientte Lebang | BeritaSimalungun
Home » , , , , , » Pertemuan Raja Salman dengan Ketum PGI Pdt Henrientte Lebang

Pertemuan Raja Salman dengan Ketum PGI Pdt Henrientte Lebang

Written By Beritasimalungun on Friday, 3 March 2017 | 20:56

Pertemuan Ketua PGI Pdt. Henrientte Lebang dengan dengan Raja Salman, Jumat 3 Maret 2017. Ketum PGI  menyampaikan kebutuhan perlindungan pekerja migran asal Indonesia yang bekerja di Arab Saudi.
BeritaSimalungun.com, Jakarta-Kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud sejak 1 Maret 2017 di Jakarta, juga melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PGI Pdt Henrientte Lebang. Ketum PGI menyampaikan kebutuhan perlindungan pekerja migran asal Indonesia yang bekerja di Arab Saudi. 

Raja Salman bin Abdulaziz al Saud menggelar pertemuan dengan tokoh lintas agama di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 3 Maret 2017 kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Raja Salman yang mengenakan jubah putih bersalaman dengan Ketua Umum Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Pendeta Henriette Tabita Hutabarat Lebang.

Dalam foto yang beredar di media sosial itu, Sabtu (4/3/2017), jabat tangan Raja Salman dan Ketua PGI itu disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tampak tersenyum.

Sementara, pertemuan ini diikuti 28 tokoh lintas agama. Tokoh dari agama Islam yang hadir adalah Din Syamsuddin, Prof Dr Azyumardi Azra, Prof Dr Kammarudin Amin, Prof Dr Alwi Shihab, Zannuba Arriffah C Rahman (Yenny Wahid), Abdul Mufti, Masyakuri Abdillah, Komaruddin Hidayat, dan Yudie Latief.

Tokoh-tokoh yang mewakili agama Kristen Protestan adalah Pdt Henriette Tabita Hutabarat Lebang, Pdt Rony Mandang, Pdt Dr Jacob Nahuway dan Gomar Gultom. Dari agama Kristen Katholik hadir Mgr Ignatius Suharyo Harjoatmojo, Mgr Antonius Subianto Osc, Mgr Paskalis Bruno Syukur Ofm dan Franz Magnis Suseno.

Tokoh agama Buddha yang hadir adalag S Hartati Tjakra Murdaya, Bhikku Sri Pannyavaro, Suhadi Sanjaya, dan Arif Harsono. Tokoh agama Konghucu yang hadir adalah Uung Sendana, Ws Budi Santoso Tanuwibowo, dan XS Djangrana.

Sementara itu, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Ir Ketut Parwata, Letjen TNI Purn Putu Soekreta Soeranta, dan Made Gede Erata adalah para tokoh yang mewakili agama Hindu.

Turut hadir dalam pertemuan mendampingi Presiden Jokowi bertemu Raja Salman yakni, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjadi pemandu pertemuan lintas agama dengan Raja Salman. Pertemuan ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya Raja Salman dengan tokoh Muslim di Istana Merdeka pada kunjungan hari kedua.

Jokowi secara khusus memperkenalkan para tokoh lintas agama kepada Raja Salman. Bahkan Jokowi tidak ragu memperkenalkan mereka sebagai bentuk kemajemukan di Indonesia.

“Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz al Saud, hadir dalam pertemuan kali ini wakil dari agama Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Kehadiran beliau-beliau semuanya merupakan representasi perwakilan dari kemajemukan yang ada di Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan, tokoh lintas agama yang hadir dalam pertemuan itu memainkan peran masing-masing dalam menjaga keharmonisan bangsa. Hal inilah yang menjadi kekuatan utama persatuan Indonesia.


“Yang Mulia (Raja Salman), para pemimpin agama ini merupakan teladan bagi umatnya dalam mengembangkan semangat toleransi dan sikap saling menghormati, yang sangat penting dalam hubungan antarumat beragama di Indonesia,” kata  Jokowi. (Lee)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.