. Teka-teki Motif Pembunuhan Wartawan Medan Akhirnya Terungkap | BeritaSimalungun
Home » , , , » Teka-teki Motif Pembunuhan Wartawan Medan Akhirnya Terungkap

Teka-teki Motif Pembunuhan Wartawan Medan Akhirnya Terungkap

Written By Beritasimalungun on Saturday, 1 April 2017 | 08:08

Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjelaskan motif pembunuhan terhadap seorang wartawan salah satu koran mingguan. (Liputan6.com/Reza Efendi)

BeritaSimalungun.com, Medan-Teka-teki motif pembunuhan terhadap Amran Parulian Simanjuntak, wartawan Koran Mingguan Senior, akhirnya terungkap. Bukan soal profesi, nyawa Amran dihabisi lantaran persoalan masalah pribadi.

Motif pembunuhan terungkap setelah polisi meringkus pelaku yang tega membunuh wartawan tersebut. Pelakunya berinisial TS, warga Jalan Pasar Besar, Desa Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut Inspektur Jenderal Pol Rycko Amelza Dahniel menjelaskan, pelaku TS diringkus di kawasan Kota Binjai. Penangkapan pria 36 tahun tersebut berdasarkan pemeriksaan yang digelar penyidik terhadap saksi-saksi.

"Penangkapannya kemarin juga, sore hari," ucap Rycko di Kantor Polda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Kamis (30/3).

Kapolda mengatakan, pelaku tega menghabisi nyawa Amran lantaran dendam dan sakit hati. Sebab pada 2015, orangtua pelaku sempat mencurigainya sebagai pencandu narkoba.



Selanjutnya, korban Amran mendatangi orangtua pelaku sambil menggunakan baju Badan Narkotika Nasional atau BNN. Saat itu, orangtua pelaku memberikan uang sebesar Rp 4 juta kepada Amran dengan harapan pelaku direhabilitasi.

Mendapat uang Rp 4 juta tersebut, korban bukan merehabilitasi pelaku, melainkan membawanya ke salah satu rumah kosong di kawasan Deli Serdang. Di rumah kosong tersebut, pelaku diikat oleh Amran dan teman-temannya.

Pelaku selanjutnya berhasil melarikan diri. Setelah enam bulan berselang, pelaku mendatangi Amran untuk meminta kembali uang Rp 4 juta yang telah diberikan orangtuanya. Karena merasa tertipu, pelaku terus-menerus menagih kepada Amran.

Selama satu tahun, Amran tidak juga memberikan kepastian untuk mengembalikan uang yang telah diberikan oleh orangtuanya. Karena dendam, pelaku menghabisi nyawa Amran dengan menggunakan pisau.

"Jadi, di sini tidak ada masalah pemberitaan karena profesi korban. Tapi, motifnya dendam pribadi, yang membuat TS menghabisi nyawa korban," Rycko menegaskan.

Kapolda Sumut menyebut, penangkapan terhadap terduga pembunuh wartawan itu tidak lebih dari 24 jam atau 15 jam usai pembunuhan. Polisi juga menyita barang bukti berupa sebuah pisau dan baju korban.

"Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP," Rycko memungkasi. (Liputan6.com)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.