. Warga di Pesisir Danau Toba Simalungun Tak Terjangkau Vaksinasi Covid-19 | BeritaSimalungun
Home » , , , » Warga di Pesisir Danau Toba Simalungun Tak Terjangkau Vaksinasi Covid-19

Warga di Pesisir Danau Toba Simalungun Tak Terjangkau Vaksinasi Covid-19

Written By Beritasimalungun on Friday, 27 August 2021 | 08:52

Vaksinasi di Puskesmas Haranggaol, Kamis 26 Agustus 2021.

Saribudolok, BS
-Ribuan warga yang tinggal di pesisir Danau Toba di Kabupaten Simalungun tidak terjangkau vaksinasi Covid-19 sejak diberlalukannya vaksinasi oleh pemerintah. Warga pesisir Danau Toba enggan melakukan vaksinasi ke daerah kecamatan atau puskesmas karena jarak tempuh yang jauh dan biaya transportasi yang tinggi.

Dibutuhkan strategi jemput bola petugas Puskesmas setempat untuk bersedia melakukan vaksinasi ke desa-desa. Hal ini penting agar program vaksinasi yang digalakkan pemerintah bisa terlaksana dengan baik hingga dusun pelosok di pesisir Danau Toba. 

Dusun yang berada di pesisir Danau Toba itu terdapat di Kecamatan Haranggaol Horisan meluputi Dusun Nagori, Sihalpe, Binangara, Gaol dan Nagori Purba. Sedangkan di Kecamatan Pamatang Silimakuta meliputi Bage, Baluhut, Soping Sabah, Soping, Hutaimbaru.

“Warga desa kami masih banyak yang belum divaksin hingga kini. Dari 130 jiwa penduduk dewasa, baru 10 orang yang sudah divaksin. Itupun karena mereka mau mengantri di Puskesmas yang jaraknya jauh dari dusun ini,” ujar Lamhot P Manihuruk warga Dusun Hutaimbaru kepada Beritasimalungun, Jumat (27/8/2021). 

Menurut Lamhot P Manihuruk, warga mengaku keberatan jika vaksinasi dilakukan di Puskesmas yang berada di ibukota Kecamatan Pamatang Silimakuta. Satu orang warga harus menyediakan uang Rp 100.000 untuk transportasi dan biaya makan saat menuju lokasi vaksinasi. 

“Biaya yang mahal inilah yang membuat warga enggan untuk melakukan vaksinasi. Kata warga juga mereka hanya beraktivitas di dusun ini jadi tak perlu divaksin. Namun jika petugas vaksinasi datang ke dusun-dusun saya rasa banyak yang mau divaksin,” ujar Lamhot P Manihuruk yang mengaku belum divaksin ini. 

“Pemkab Simalungun harus bisa melakukan terobosan baru dalam melakukan vaksinasi khususnya bagi warga yang tinggal dipesisir Danau Toba Simalungun. Misalnya lewat sebuah Kapal vaksinasi keliling. Pasalnya akses jalan dari Haranggaol-Nagori-Sihalpe-Binangara-Gaol-Nagoripurba-Hutaimbaru-Soping-Soping Sabah-Baluhut-Bage hingga kini belum laik akses kenderaan. 

Disebutkan, Pemerintah (Pemkab) Kabupaten Simalungun harus punya strategi khusus dengan memperlengkapi armada vaksin keliling sehingga bisa melakukan vaksinasi dengan menemui permukiman warga.

Sementara proses vaksinasi di Puskesmas Haranggaol juga kerap terkendala karena aliran listrik yang padam sehingga menyulitkan petugas medis dalam pembuatan laporan vaksinasi. 

Warga juga kerap kesal karena proses vaksinasi yang lamban karena petugas medisnya yang terbatas. Kemudian kuato vaksinasi setiap harinya sedikit sehingga warga yang tengah menunggu lama hadir dari jauh sia-sia dan harus pulang ke dusunnya kembali.(BS-01)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.