. Dana Perbaikan Jalan di Simalungun Hanya Rp108 Miliar | BeritaSimalungun
Home » » Dana Perbaikan Jalan di Simalungun Hanya Rp108 Miliar

Dana Perbaikan Jalan di Simalungun Hanya Rp108 Miliar

Written By GKPS JAMBI on Tuesday, 27 March 2012 | 13:17


Rusak: Salah satu jalan rusak di Kabupaten Simalungun, tepatnya di Nagori Simbolon Tengkoh Kecamatan Panobeian Panei. Foto dijepret belum lama ini. (Foto: FAHMI)Rusak: Salah satu jalan rusak di Kabupaten Simalungun, tepatnya di Nagori Simbolon Tengkoh Kecamatan Panobeian Panei. Foto dijepret belum lama ini. (Foto: FAHMI)SIMALUNGUN- Tahun ini Pemkab Simalungun menganggarkan dana Rp108 miliar untuk memperbaiki jalan rusak. Disebabkan dana yang minim, Pemkab terpaksa menerapkan skala prioritas.

Sementara, idealnya, setiap tahun Pemkab Simalungun membutuhkan dana sekitar Rp300 miliar hingga Rp400 miliar. Kadis PU Bina Marga Pemkab Simalungun Jon Sabiden Purba dihubungi Jumat (23/3) menyebutkan, dana perbaikan jalan yang ditampung di APBD 2012 hanya Rp108 miliar. Ada kekurangan sekitar Rp200 miliar lagi untuk membuat jalan lebih baik di Kabupaten Simalungun. 

“Hanya Rp108 miliar yang dianggarkan. Dengan dana sebesar ini, hanya sekitar 5 persen saja jalan yang bisa kita perbaiki. Hitung-hitungan saya, sekitar 80 km hingga 100 km saja,” ungkap Sabiden. 

Dia mengatakan, setiap tahun minimal dibutuhkan dana sekitar Rp300 miliar hingga Rp400 miliar untuk memperbaiki jalan. “Hitungannya, untuk memperbaiki jalan 1 km dibutuhkan dana Rp1,2 miliar. Belum lagi dengan kenaikan BBM sejak 1 April mendatang, maka semua biaya akan membengkak. Prediksi kita, perbaikan jalan 1 km akan membutuhkan dana Rp1,4 miliar hingga Rp1,5 miliar,” jelasnya lagi. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini panjang jalan di Simalungun sekitar 2.500 km. Kondisi jalan yang bagus 15 persen, rusak sedang 50 persen dan rusak berat 35 persen. Disebabkan keterbatasan dana, tidak semua jalan kecamatan dan kabupaten bisa mereka benahi tahun ini. 

“Jalan yang kita utamakan segera kita perbaiki, yaitu jalan kabupaten dan kecamatan yang merupakan jalan strategis,” ujarnya lagi. Dia menyebutkan, jalan yang menjadi skala prioritas itu antara lain Simpang Raya-Tigaras sepanjang 20 km. Kemudian Simpang Baru Ujung Padang menuju Kecamatan Bosar Maligas sepanjang 40 km. 

Jalan kabupaten Simpang Kerasaan menuju Serbelawan sepanjang 20 km, serta jalan Sondi Raya menuju Sindar Raya di Kecamatan Raya sepanjang 5 km. Disinggung target Bupati JR Saragih yang menginginkan kondisi jalan di Simalungun harus baik di tahun 2015 nanti, menurut Sabiden, dengan dana Rp108 miliar per tahun, maka yang bisa dibenahi sekitar 30 persen saja. 

“Kalau dana kita ada Rp400 miliar hingga Rp500 miliar setiap tahun, mungkin rencana itu akan terlaksana. Walaupun begitu, ke depan kita akan berusaha melobi pemerintah pusat dan provinsi untuk perbaikan jalan,” katanya lagi. Dia menambahkan, dana Rp108 miliar tahun ini berasal dari Bantuan Keuangan Propinsi (BKP) Rp68 miliar, Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp8 miliar dari pemerintah pusat dan Dana Alokasi Umum (DAU) Rp30 miliar dari pemerintah pusat. (ral/ara)(metrosiantar.com)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.