. Fander Manurung Diharapkan Pertahankan Gelar Juara "Marhonong" di PDT 2012 | BeritaSimalungun
Home » » Fander Manurung Diharapkan Pertahankan Gelar Juara "Marhonong" di PDT 2012

Fander Manurung Diharapkan Pertahankan Gelar Juara "Marhonong" di PDT 2012

Written By GKPS JAMBI on Friday, 30 March 2012 | 12:27

PARAPAT - Fander Manurung asal Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang meraih juara pertama Lomba "marhonong" (menyelam) pada pada Pesta Danau Toba (PDT) (27-30 Des) tahun  2011 lalau dengan catatan waktu 1:43 menit, dapat dipertahankan pada PDT 2012 yang akan dilaksanakan Juni-Juli 2012 mendatang.

"Kegiatan lomba marhonong itu, dengan penilaian yang paling lama menyelam di dasar Danau Toba, diikuti sebanyak 24 peserta dari kabupaten/kota di Sumatera Utara," kata Ketua Pelaksana Lomba Marhonong PDT 2011, James Sinaga di Parapat.

Menurut dia, penyelam bermarga Manurung itu, sudah berhasil menunjukkan prestasinya, namun sayangnya dia belum dapat memecahkan rekor diciptakan A.Gultom dari Sigapiton, Kabupaten Toba Samosir pada PDT 2010 dengan catatan waktu 3: 02 menit.

James menjelaskan, "marhonong" merupakan olahraga rakyat yang sangat populer di sekitar Danau Toba, berbasis survival skill di danau, yakni ketahanan dan keahlian menyelam serta pengaturan nafas sehingga yang mampu bertahan lama menyelam di dalam air dianggap sebagai pemenangnya.


Para peserta lomba tersebut berasal dari Kabupaten Simalungun, Samosir, Humbang Hasundutan, Toba Samosir dan Kota Pematang Siantar.

Dikatakannya, pelaksanaan lomba dilakukan melalui beberapa tahapan, dan setiap tahap diikuti peserta sebanyak enam orang sekali menyelam ke dasar danau, kemudian disisihkan sebanyak tiga orang penyelam dengan waktu paling lama.

Selanjutnya, kata James, pemenang penyelam terlama kembali mengikuti perlombaan berikutnya, hingga sejumlah 12 peserta masuk ke babak semifinal.

Kemudian pesertanya disisakan lagi sebanyak empat orang sebagai finalis pada perlombaan yang digelar Kamis (29/12).

Sehingga juara pertama diraih Fander Manurung (Kabupaten Simalungun), juara kedua Aldrianus (Kabupaten Samosir)) juara III dan IV masing-masing Dohan Manalu (Humbang Hasundutan) dan Febriadi Sidabutar (Kota Pematang Siantar).

James menjelaskan, setiap peserta yang akan mengikuti lomba, sebelumnya harus melalui tes medis dan menanda tangani surat perjanjian serta berusia di atas 15 tahun.

"Untuk memantau para penyelam selama berlomba di dasar danau, panitia pelaksana menurunkan dua orang penyelam bersertifikat (Scuba Diving) sebagai antisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan," katanya.(waspada.co.id)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.