Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Aset Rongsokan PU Simalungun Dilelang

Bernilai Miliaran Rupiah
Peralatan Dinas PU dan Bina Marga Pemkab Simalungun yang akan dilelang dalam waktu dekat. Peralatan ini ditaksir bernilai miliaran rupiah, Minggu (8/4). (Foto: Ikrar Lubis)Peralatan Dinas PU dan Bina Marga Pemkab Simalungun yang akan dilelang dalam waktu dekat. Peralatan ini ditaksir bernilai miliaran rupiah, Minggu (8/4). (Foto: Ikrar Lubis)
SIMALUNGUN- Aset Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Bina Marga Pemkab Simalungun berupa alat berat sekitar 20-an unit siap dilelang dalam waktu dekat. Aset yang tidak dipakai lagi ini ditaksir bernilai miliaran rupiah. Aset berupa situmalas (coumpector), dump truk dan beberapa peralatan membangun jalan.

Kadis PPKAD Simalungun Wilson Manihuruk dihubungi, Minggu (8/4) menyebutkan, dalam waktu dekat mereka akan melakukan pelelangan sekitar 20-an aset Dinas PU dan Bina Marga yang teronggok di Kantor PU dan Bina Marga Jalan Asahan.

 “Belum bisa kita tentukan waktunya, tapi dalam waktu dekat inilah. Kita usahakan secepatnya. Sudah siap didata dan diinventarisir bagian aset. Kalau masalah harga, kita lagi koordinasi dengan lembaga penaksir harga,” jelasnya.

Dikatakan, pelelangan aset ini memedomani Permendagri Nomor 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah. Pada pasal 56 ayat 3 pada Permendagri ini disebutkan, penghapusan barang milik daerah dapat dilakukan melalui pelelangan umum/pelelangan terbatas.

“Dasar kita melakukan pelelangan karena pertimbangan teknis, secara fisik barang-barang ini tidak dapat lagi dipergunakan karena sudah rusak berat. Kalau diperbaiki dan dipergunakan membutuhkan biaya yang lebih besar,” jelasnya. 

Disinggung total nilai aset yang akan dijual ini, pihaknya belum bisa memastikan. Saat ini mereka sedang berkoordinasi dengan lembaga independen penaksir harga. Sementara saat pelelangan nanti, lembaga pelelangan akan dilibatkan.

Kepala Bidang Aset Dinas PPKAD Pemkab Simalungun Jhon Krisdo Damanik menyebutkan, mereka sudah selesai melakukan pendataan dan inventarisir aset milik Dinas PU dan Bina Marga. Aset sekitar 20-an ini teronggok di Jalan Asahan km 6.

“Sudah kita data dan inventarisir, kalau mau data lebih lengkap nama-nama data aset ini ada di kantor di Pamatang Raya. Untuk pelelangan merupakan kebijakan pimpinan,” ujarnya.

Amatan METRO, di halaman eks Dinas PU dan Bina Marga Jalan Asahan km 6 terdapat beberapa peralatan membangun jalan antara lain situmalas (coumpector), mesin perata jalan, dump truk, escavator, traktor, mesin pemasak aspal dan lain sebagainya. Kondisi peralatan ini sudah rusak berat. (ral)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments