Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Petani Kentang di Simalungun Dibekali Ilmu

Standar Operasional Produksi
PURBA- Para petani holtikultura di Simalungun atas khususnya di Kecamatan Purba terus dibekali ilmu ilmu pertanian. Tujuannya agar dapat menerapkan standar operasional produksi guna menghasilkan produk-produk pertanian sehat dikonsumsi dan bisa bersaing di pasar ekspor.
 
Kepala Dinas Pertanian Simalungun Jan Posman Purba kepada METRO, belum lama ini mengatakan, pembekalan tentang pemeliharaan kentang akan digelar Juli nanti. Pesertanya dari kelompok tani kentang. “Melalui program ini diharapkan para petani semakin mampu meningkatkan mutu dan kualitas hasil pertaniannya,” ujar Posman.

Ia mengatakan, meningkatkan taraf hidup petani adalah tujuan Dinas Pertanian Simalungun. Caranya kata dia, petani dibekali ilmu-ilmu pertanian, seperti program GAPSOP kentang. Sehingga kedepan permintaan ekspor terhadap kentang semakin meningkat, seperti ke Hongkong, Malaysia dan Singapura.

Satar Sinaga, salahseorang petani kentang yang ikut program ini, mengatakan siap dan berharap program itu secepatnya hadir. “Selama ini, kita bertanam kentang hanya berbekal ilmu seadanya, berdasarkan pengalaman. Akibatnya sering terjadi petani merugi, modal besar sementara hasil yang diperoleh tak seberapa,” katanya. (sp)(metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments