Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ruas Jalan Deliserdang - Simalungun Terancam Putus



Lubuk Pakam. Ruas jalan antara Kabupaten Deliserdang - Serdang Bedagai dan Simalungun terancam putus. Pasalnya, banyak tebing jalan lonsor dan mengikis ruas jalan tersebut. Kondisi terparah ditemui di Desa Sipingan, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang dan Desa Togur, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun.
Berdasarkan pantauan wartawan di Desa Togur yang berjarak 90 kilometer dari Lubuk Pakam, Ibukota Deliserdang, terlihat Dinas Pekerjaan Umum (PU) Propinsi Sumatera Utara (Sumut) tengah berupaya memperbaikinya.

Dinas PU Propinsi Sumut terpaksa memasang tiang pancang di sisi kiri dan kanan jalan. "Tiang pancang tersebut sebagai pondasi untuk membuat tembok penahan," kata salah pegawai Dinas PU yang saat itu sedang memperbaiki jalan yang longsor tersebut kepada wartawan, Jumat akhir pekan lalu.

Meski demikian, kata Pegawai PU yang enggan menyebut identitasnya, lokasi itu memang sangat berpotensi longsor. Penyebabnya, selain tanahnya berpasir, jalan tersebut juga persis di atas tebing curam pada kedua sisinya.

Karena itu, dia pisimis tembok penahan yang tengah dikerjakan tersebut mampu bertahan lama. "Liat itu, tiang pancang yang lama sudah ambrol juga," ujarnya seraya mengatakan, kalau tiang pancang yang ambrol itu baru beberapa bulan lalu dipasang.

Saragih, salah seorang warga Desa Togur menuturkan, buruk kondisi jalan tersebut dipicu akibat tidak adanya lagi pohon bambu yang dulunya tumbuh subur di kedua sisi tebing. "Waktu dulu masih hutan bambu tak ada longsor," papar Saragih.

Hal yang sama juga terjadi di Desa Sipingan. Sejak dibeli oleh petinggi dari Kota Tebing Tinggi, lahan di bibir jalan tersebut kini berubah menjadi lahan perkebunan.(rinaldi samosir)

Terpisah, Kadis Infokom Deliserdang Neken Kataren mengakui hampir seluruh ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Deliserdang dengan Simalungun, persisnya di Kecamatan STM Hulu dinilai rawan longsor. "Terlebih, ketika curah hujan tinggi. Karenanya, kita menghimbau agar warga sekitar maupun penguna kenderaan untuk lebih berhati-hati," sebut Neken.(medanbisnis.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments