Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ketua MK Resmikan Tugu Radjamin Purba


Ketua MK Mahfud MD memotong pita peresmian patung Radjamin Purba di Universitas Simalungun, Jumat (18/5). ( Foto: LAZUARDY FAHMI )Ketua MK Mahfud MD memotong pita peresmian patung Radjamin Purba di Universitas Simalungun, Jumat (18/5). ( Foto: LAZUARDY FAHMI )
SIANTAR- Tugu Radjamin Purba diresmikan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Jumat (18/5) sekira pukul 11.00 WIB. Proses pembangunan tugu mulai dilaksanakan tahun lalu dan pendirian tugu bertujuan menghormati, Radjamin Purba sebagai pendiri Universitas Simalungun (USI).

Tugu didirikan di tengah kampus menghadap ke Jalan SM Raja. Di sekeliling tugu  dibangun taman dan pancuran air. Tinggi tugu sekitar 3 meter dengan lebar sekitar 1,5 meter. Peresmian tugu ditandai pengguntingan pita dan pembukaan selubung tugu. 

Saat peresmian, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD didampingi anggota DPD RI Rahmat Shah dan Parlindungan Purba serta keluarga besar Radjamin Purba mulai istri, anak, cucu hingga menantu.

Ketua Yayasan USI Masdin Saragih menyebutkan, ide pembangunan tugu merupakan ide dari pengurus Yayasan USI, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Radjamin Purba yang telah menggagas dan mendirikan USI. Pendirian tugu bukan karena keinginan keluarga besar Radjamin Purba.

Usai membuka selubung tugu, Mahfud MD menyebutkan, sejak awal kemerdekaan, Radjamin Purba sudah ikut berjuang merebut kemerdekaan. Kemudian Radjamin Purba juga ikut mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah Jepang dan Belanda. Sebagai pejuang militer, Radjamin Purba telah berbuat untuk bangsa dan negara.

“Di samping itu, Radjamin Purba juga telah berjuang di bidang pendidikan. Radjamin Purba menyadari arti penting pendidikan untuk kemajuan bangsa. Tidak terlalu penting bagi kita, apakah dia sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional atau tidak. Yang perlu kita sadari, terutama kepada istri, anak cucu dan menantu yang hadir di sini untuk selalu mewarisi sifat perjuangan dari Rajamin Purba,” tegas Mahfud.

Mahfud menyebutkan, pendirian tugu ini sebagai bentuk penghargaan kepada Radjamin Purba atas jasa dan pengorbanan Radjamin Purba kepada pendidikan, terutama pendidikan di Kabupaten Simalungun. “Bung Karno pernah berkata, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan,” pesannya.

Hadir pada peresmian tugu itu, Wakil Bupati Simalungun Hj Nuriaty Damanik, anggota DPD Rahmat Shah dan Parlindungan Purba, serta mantan Bupati Simalungun, Zulkarnain Damanik dan para mantan rektor yang pernah memimpin USI.

Sementara Walikota Siantar Hulman Sitorus terlambat datang. Walikota tiba di USI setelah Mahfud MD dan para undangan lainnya memulai acara beberapa menit di sekitar tugu yang akan diresmikan. Acara seminar di ruang auditorium juga tanpa kehadiran walikota. (metrojambi.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments