Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pesta Ikan di Haranggaol sebagai Ungkapan Rasa Syukur

Pesta ikan: Warga Haranggaol melaksanakan pesta ikan sebagai ungkapan syukur. (Foto: Sendi)Pesta ikan: Warga Haranggaol melaksanakan pesta ikan sebagai ungkapan syukur. (Foto: Sendi)HARANGGAOL- Bersyukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan melalui Danau Toba sebagai ladang kehidupan, warga menggelar Pesta Ikan, Jumat (25/5) yang berlangsung di Bandar Saribu Haranggaol.

Penasehat Panitia Pesta Ikan Opung Alvaro atau Marusin Manihuruk dalam acara syukuran tersebut mengatakan, usaha keramba jaring apung yang merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar harus  dilestarikan.

Selanjutnya Ketua Panitia Anselmus Haloho mengatakan, kegiatan ini diawali dengan pembersihan daerah pantai berupa pengangkutan eceng gondok, pembersihan pesisir pantai dan pembabatan kiri kanan jalan menuju Haranggaol yang dilakukan beberapa hari sebelum acara syukuran.

Sementara pada hari H acara syukuran pesta ikan, diawali kebaktian singkat yang dipimpin Pastor dari Kristen Katolik dan Pendeta dari Kristen Protestan. Kebaktian dilaksanakan di lokasi keramba jaring apung dengan menumpang di atas beberapa unit kapal penduduk. Ini dilaksanakan dengan tujuan masyarakat Bandar Saribu menyadari betapa besar karunia Tuhan terhadap masyarakat melalui Danau Toba.

Setelah acara kebaktian, acara di danau diakhiri dengan penaburan benih ikan ke danau, antara lain  ikan mas 5 ribu ekor, ikan lele 5 ribu ekor, dan ikan nila 10 ribu ekor. Acara dilanjutkan di balai desa Bandar Saribu berupa manortor dan makan bersama Dinas Perikanan. Hadir dalam Acara tersebut Sekretaris Dinas Perikanan Gantinius Bangun yang mewakili Pemkab Simalungun.

Bangun mengatakan siap mendukung kegiatan ini yang merupakan ucapan syukur kepada Tuhan. Turut hadir para pengusaha pakan ikan, tokoh masyarakat Kaspar Purba dan Hasudungan Siallagan. Mereka juga mengharapkan, pemerintah dapat melokalisasi keramba jarring apung demi terwujudnya keindahan Haranggaol demi mewujudkan Haranggaol menjadi daerah wisata dan perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Haranggaol. (SP)(metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments