Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Siantar-Simalungun-Karo Jadi Jalan Nasional

Rp10 Miliar Dikucurkan
TINJAU- Anggota DPR RI Ir Ali Wongso H Sinaga meninjau pelaksanaan perbaikan jalan sepanjang 4 km dari Pematang Raya ke Tigarunggu, Jumat (8/6). (Foto: PHOLMER)TINJAU- Anggota DPR RI Ir Ali Wongso H Sinaga meninjau pelaksanaan perbaikan jalan sepanjang 4 km dari Pematang Raya ke Tigarunggu, Jumat (8/6). (Foto: PHOLMER)
SIMALUNGUN- Pada tahun 2014, status jalan yang menghubungkan Pematangsiantar ke Kabupaten Karo yang selama ini jalan provinsi akan ditingkatkan menjadi nasional. Walau belum ditetapkan, dana perbaikannya sudah dikucurkan sebesar Rp10 miliar dari APBN tahun anggran 2012.

Selain dari APBN, ABPD Sumatera Utara TA 2012 juga akan mengucurkan jumlah yang sama, guna perbaikan jalan yang rusak dari Kota Pematangsiantar ke Kabupaten Karo tersebut. Hal ini disampaikan Anggota DPR RI Ir Ali Wongso H Sinaga, Jumat (8/6) ketika meninjau pelaksanaan perbaikan jalan sepanjang 4 km dari Pematang Raya ke Tigarunggu, tepatnya di Nagori Dalig Raya Kecamatan Raya.

“Sudah beberapa kali saya turun ke Kabupaten Simalungun, ternyata banyak jalan yang rusak bahkan sangat parah. Melihat kondisi ini, saya prihatin dan menyampaikan permasalahan ini di rapat Komisi V DPR RI di Jakarta agar dapat dibantu,” kata Ali Wongso. Politisi dari Partai Golkar ini menambahkan, mulanya rekan-rekannya di Senayan kurang mendukung masukannya.

Namun melalui data-data konkret dan foto-foto kondisi di lapangan, akhirnya argumennya diterima dan disetujui DPR RI. Dan tahun 2014, status jalan dari Kota Pematangsiantar ke Kabupaten Karo dinaikkan menjadi jalan nasional. “Karenan selama ini statusnya masih jalan provinsi, tidak akan mampu APBD Simalungun dan APBD Sumut membiayai perbaikannya. Karenanya diperlukan tambahan dana dari APBN dengan menaikan statusnya menjadi jalan nasional dan diupayakan ada dialokasikan dana perbaikannya setiap tahun,” tambah Ali Wongso.

Di  lokasi perbaikan jalan, Pangulu Dalig Raya Albert Saragih dan seorang tokoh masyarakat Kasian Sinaga mengatakan kegembiraannya atas perbaikan jalan yang diperjuangkan Politisi Golkar Ali Wongso H Sinaga.
“Sudah bertahun-tahu kami mendambakan perbaikan jalan ini. Pasalnya, kerusakan jalan menimbulkan debu dan menjadi santapan masyarakat yang tinggal di pinggir jalan. Kami harap jalan sepanjang 1,5 km yang belum diperbaiki bisa diperbaiki tahun depan agar warga tidak terus menerus menghirup debu,” kata Albert dan Kasian.

Setelah meninjau perbaikan jalan tersebut, Ali Wongso Sinaga dan rombongan juga meninjau perbaikan jalan ring road (jalan alternatif, red) Parapat mulai dari Pondok Bulu, Dolok Panribuan tembus ke perbatasan Girsang Sipangan Bolon dengan Lumban Julu, Tobasa sepanjang 22 km. Juga akan dialokasikan dana dari APBN sebesar Rp5 miliar untuk perbaikan jalan tersebut.

Katanya, keberadaan jalan alternatif ini sangat penting. Apabila terjadi bencana alam di jalan utama Siantar-Parapat atau ada acara nasional di Parapat, nantinya jalan ini akan memberikan kemudahan bagi pengguna jalan.  (metrosiantar.com)

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments