}); Ephorus GKPS Kirim Pesan Lewat BBM Ke Bupati JR Saragih Terkait Jalan Rusak Siloubosar | BeritaSimalungun
Home » » Ephorus GKPS Kirim Pesan Lewat BBM Ke Bupati JR Saragih Terkait Jalan Rusak Siloubosar

Ephorus GKPS Kirim Pesan Lewat BBM Ke Bupati JR Saragih Terkait Jalan Rusak Siloubosar

Written By GKPS JAMBI on Tuesday, 24 July 2012 | 15:59

HATONDUHAN- Ternyata persoalan jalan menuju Siloubosar saat peresmian Sarana Air Minum (SAM) Siloubosar, Nagori Bosar Nauli, Kecamatan Hatonduhan, mendapat perhatian serius Ephorus GKPS Pdt Jaharianson Saragih. Sesampainya di lokasi acara, Ephorus langsung mengirim pesan Blackberry Messeger (BBM) kepada Bupati Simalungun JR Saragih untuk memberitahukan kondisi jalan tersebut.

Hal itu disampaikan Direktur Pelpem GKPS Ir Juniamer Purba kepada METRO, Jumat (20/7). “Pak Ephorus prihatin dengan kondisi jalan itu, apalagi mobil dinasnya harus didorong karena terjebak lumpur yang cukup dalam. Begitu sampai di lokasi acara, Ephorus langsung mem-BBM bupati untuk memberitahukan kerusakan jalan itu,” kata Juniamer.

Dia menambahkan, jalan rusak menuju Siloubosar itu juga membuat warga sering terjatuh. Bahkan, Penginjil Wanita yang bertugas di Resort Tanah Jawa saat akan melayani di GKPS Siloubosar sudah sering terjatuh. Bahkan karena kondisinya semakin parah, apalagi saat hujan turun, makan Penginjil Wanita ini harus berjalan kaki melewati jalan berlumpur tersebut.

Masih kata Juniamer, saat pembangunan SAM di Siloubosar yang sudah diresmikan Selasa lalu, pihaknya harus menggunakan mobil double cabin untuk mengangkut pipa dan peralatan lainnya. Bahkan mobil double cabin juga sering terjebak lumpur dan harus dibantu warga untuk mengevakuasinya. Sementara Kepala Bappeda Jan Wanner Saragih mengatakan, untuk tahun 2012, ada 120 miliar ditampung anggaran di APBD untuk pembangunan jalan sepanjang 120 km. Menurutnya, pada 2012 ini Pemkab Simalungun memprioritaskan pembangunan jalan dengan menampung anggaraan yang cukup besar.

“Tahun ini Pemkab Simalungun memprioritaskan pembangunan jalan. Buktinya ada 120 miliar dana yang ditampung, padahal sebelumnya dana yang dikelola Dinas PU Bina Marga hanya berkisar 50 sampai 60 miliar per tahun. Jan Wanner menambahkan, ruas  jalan di Simalungun saat ini ada sepanjang 2.220 km dan dari seluruh ruas jalan tersebut, 70 persen dalam keadaan rusak parah.

“Melihat hal ini, bupati memprioritaskan pembangunan jalan. Apakah pembangunan jalan ini sudah termasuk di Siloubosar, lebih jelasnya Dinas PU Bina Marga yang lebih tahu,” ucap mantan Kepala Dinas Kehutan Kabupaten Simalungun itu.  Sementara Kepala Dinas PU Bina Marga Ir Jhon Sabiden Purba tidak berhasil ditemui di ruangannya. Menurut salah seorang stafnya, kepala dinas ini ikut bersama Bupati Simalungun melakukan kunjungan lapangan. Dihubungi melalui selularnya, juga tidak aktif.(MSC)
Share this article :

Post a Comment