Info Terkini

10/recent/ticker-posts

15 September di Lapangan H Adam Malik HUT XI UPAS Dimeriahkan Jhon Eliaman



Ronsen Purba SH

SIANTAR- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) XI Usaha Penyelamatan Aset Simalungun (UPAS) pada 15 September 2012 di Lapangan H Adam Malik akan dirangkaikan dengan pesta Budaya Etnis Simalungun. HUT ke-XI UPAS ini juga menghadirkan artis-artis top Simalungun, seperti John Eliaman Saragih, Damma Silalahi, Intan Boru Saragih dan yang lainnya. Dalam pesta budaya Simalungun itu akan ditampilkan tarian massal Simalungun, fasihon show pakaian adat Simalungun dan penampilan lagu-lagu etnis Simalungun dari zaman ke zaman.

Ketua dan Sekretaris HUT ke-XI UPAS Ronsen Purba SH dann Hentung Toni Purba SP mengatakan, dalam HUT XI UPAS tersebut, sepenuhnya akan menggunakan adat dan budaya Simalungun sehingga jelas terlihat pesta budaya Simalungun. Keturunan Raja Marpitu Simalungun juga diharapkan hadir untuk berpartisapasi.

“Dengan demikian diharapkan seluruh aset Simalungun hadir dengan pengertian bahwa diri kita ini juga adalah aset Simalungun,” kata Ronsen Ronsen menegaskan, ada pemahaman sempit selama ini bahwa UPAS selalu dikonotasikan sebagai perekumpulan penggarap lahan. 

Pada satu sisi, memang itu benar karena inti anggota UPAS adalah yang saat ini menguasai lahan Tanjung Pinggir. Pada sisi yang lebih luas, seluruh orang Simalungun adalah aset Simalungun, begitu juga adat dan tradisi Simalungun adalah aset Simalungun yang harus dilestarikan. “Momentum HUT XI UPAS hendakanya mengubah paradigma berfikir warga Simalungun dalam memandang apa itu UPAS. 

UPAS adalah organisasi yang berjuang untuk menyelamatkan aset Simalungun, agar jangan sampai aset tersebut dikuasai orang lain, jangan sampai aset tersebut jatuh kepada pihak yang tidak berhak. UPAS adalah organisasi yang berjuang untuk menyelamtakan aset Simalungun. Jadi, diharapkan jangan ada lagi konotasi seolah-olah UPAS hanya untuk menggrap lahan,” tegas Ronsen.

Ronsen berharap, karena ini adalah pesta besar bagi warga etnis Simalungun, seluruh warga yang merasa dirinya ber ’ahap’ (berjiwa, red) Simlungun ikut berpartipiasi menghadiri perayaan HUT XI UPAS. Pasalnya,  pesta budaya Simalungun akan dipaketkan dengan Haroan Bolon Mulak Bai Bona. Artinya, bekerja sama mengembalikan marwah Simalungun di tanahnya sendiri.  
“Sudah waktunya warga Simalungun melakukan refleksi. Momentum perayaan HUT XI UPAS ini diharapkan orang Simalungun kembali ke jati dirinya untuk mempercepat pembangunan di Siantar-Simalungun,” ujar Ronsen.(MSC)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments