Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Karena Jalan Rusak Terpaksa Melintas dari Kabupaten Sergai



(Foto: Mantrison)
RUSAK- Kondisi jalan Sorba Dolok menuju Banjaran yang rusak parah seperti kubangan kerbau.

RAYA KAHEAN- Lubang-lubang menganga di sepanjang jalan Nagori Sorba Dolok menuju Banjaran, Kecamatan Raya Kahean, Simalungun, sudah seperti kubangan kerbau. Akibat kondisi jalan yang rusak berat ini, warga Sorba Dolok yang ingin ke ibukota kecamatan, Sindarraya, terpaksa harus melalui Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), yang jaraknya lima kali lipat lebih jauh. 

Jalan tersebut sudah sekitar lima tahun tak pernah terawat sehingga jalan ini tidak bisa lagi dilalui kendaraan roda empat. Bahkan naik sepedamotor saja sangat sulit dilalui. Amatan METRO, Senin (27/8), seorang pengendara sepedamotor tampak sangat sulit melalui jalan itu karena selalu terjebak dalam lubang dan Lumpur.

“Masyarakat Sorba Dolok yang hendak ke Sindarraya, ibukota Kecamatan Raya Kahean, harus melalui Desa Tinokkah, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, yang jaraknya lima kali lebih jauh bila dibandingkan melalui Banjaran,” ujar salah seorang warga. 

Sementara, Pangulu Sorba Dolok Kanodin Damanik mengatakan, dirinya sudah membuat permohonan perbaikan jalan kepada Kepala Dinas PU Bina marga Jon Sabiden Purba. Tetapi sampai sekarang jalan ini tak kunjung diperbaiki. Padahal, katanya, jalan ini sangat vital bagi perkembangan perekonomian masyarakat Nagori Sorba Dolok dan Bah Tonang.

Dia menambahkan, akibat lain yang ditimbulkan akibat kerusakan jalan ini, harga jual hasil pertanian masyarakat pun menjadi murah dan jauh di bawah harga pasaran. Jainal Saragih, salah seorang tokoh agama mengatakan, seharusnya Pemkab Simalungun sudah memperbaiki jalan ini karena Sorba Dolok merupakan kampung tertua di Raya Kahean.

Selain itu, Sorba Dolok juga termasuk daerah yang melimpah hasil perkebunannya, seperti karet, sawit, cokelat, kemiri, dan banyak lagi. “Memang masyarakat Sorba Dolok sangat mengeluh dengan rusaknya jalan ini,” jelas Jainal yang juga seorang pengusaha di Sambosar Raya. (MSC)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments