Info Terkini

10/recent/ticker-posts

HIMAPSI Demo di PN Siantar


 

 


 Foto-foto : Silver Silalahi

Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (HIMAPSI) kota Pematangsiantar dan masyarakat Simalungun melakukan aksi unjuk rasa di Pengadilan Negeri Siantar,DPRD dan kantor walikota Pematangsiantar (16/10/2012).

Massa yang bergerak dari lapangan haji adam malik pematangsiantar sekira pukul 09.30,langsung menuju kantor PN siantar.Dalam pernyataan sikap mereka dikatakan,menolak mafia tanah dan mafia peradilan terkait lahan eks PTPN III yang sudah habis HGU nya.Tidak mendapat tanggapan dari PN Siantar,

Massa melakukan ritual MANGURAS dengan tujuan mengusir roh-roh jahat agar PN Siantar terhindar dari pengaruh setan-setan yang ingin merampas hak-hak rakyat simalungun,khususnya keturunan raja siantar dan raja panei.

Aksi ritual tersebut dibawakan oleh para pendekar simalungun dengan melakukan gerakan pencak silat simalungun (DIHAR).Demikian juga hal nya di kantor DPRD Pematangsiantar,massa juga melakukan ritual MANGURAS.Zainal Purba,wakil ketua DPRD dalam menanggapi aksi tersebut mengakui bahwa sejak tahun 2004,lahan PTPN III tersebut sudah habis masa HGU nya.

"Kalaupun ada informasinya berkembang saat ini yang kita terima dari media,bahwasanya itu (lahan eks PTPN III) sudah diserahkan resmi kepada Pemko (Pematangsiantar),secara tegas kami sampaikan,DPRD Pematangsiantar belum memperoleh data maupun informasinya."
 
Setelah dari kantor DPRD Pematangsiantar,massa kemudian bergerak ke kantor walikota Pematangsiantar.Namun,tidak ada seorangpun yang menerima mereka.Dan massa juga tetap melakukan ritual MANGURAS dihalaman kantor walikota.

Dian Purba Tambak,sekretaris HIMAPSI kota Pematangsiantar mengatakan,agar PN Siantar jeli dan jujur."Masyarakat simalungun meminta PN Siantar agar jujur dan jeli untuk menghadapi mafia tanah dan mafia peradilan,terutama yang ada dikota Pematangsiantar ini,karena kita lihat sudah banyak hal-hal fiktif yang sudah dilakukan untuk mengelolah tanah tersebut (lahan eks PTPN III",kata Dian. (Sumber FB Silver Silalahi)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments