. Puluhan Hektare Sawah Diserang Hama Tikus di Sidamanik | BeritaSimalungun
Home » » Puluhan Hektare Sawah Diserang Hama Tikus di Sidamanik

Puluhan Hektare Sawah Diserang Hama Tikus di Sidamanik

Written By GKPS JAMBI on Sunday, 21 October 2012 | 14:26

SIDAMANIK – Sejak tiga pekan terakhir, puluhan hektare persawahaan milik petani di Nagori Tiga Bolon, Kecamatan Sidamanik, Simalungun, diserang hama tikus. Akibatnya tanaman padi milik petani banyak yang rusak dan terancam gagal panen.

Riduan Aruan (43), Silas br Parangin-angin (34), dan beberapa warga ketika ditemui METRO, Jumat (19/10) menyebutkan, sebelumnya hama tikus ini mulai menyerang tanaman padi yang masih berusia dua bulan. Kemudian para petani langsung mengatasinya dengan cara menyemprotkan racun pestisida di ujung daun padi ini. ”Padahal begitu tanaman muda, padi kami sudah diserang hama tikus dan langsung kami semprotkan racun pestisida ke ujung daunnya supaya tidak menyerang tanaman yang lain,” katanya.

Namun, setelah disemprot dengan racun pestisida di ujung tanaman padi ini, ancaman hama tikus tidak berkurang sama sekali. Bahkan populasinya terus meningkat setiap hari. Padahal sebagian petani sudah memasang jerat dan menabur racun tikus berbentuk kapsul ke sekitar benteng sawah ini. ”Sudah banyak kami dengar di daerah lain terjadi serangan hama tikus. Tetapi kali ini yang terjadi dikampung kami ini sudah menjadi masalah yang sangat besar,” katanya.

Dia menjelaskan, sejak serangan hama tikus ini berlangsung, para petani khawatir akan berdampak langsung pada menurunnya hasil panen. Sebab sebagian padi milik petani yang  masih terbungkus kulit arinya sudah rusak, sementara di sisi betang tanaman padi warga terlihat banyak lubang tikus  Ketika digali para petani, lubang ini saling berhubungan dengan lubang lainnnya.”Kami sudah takut sekali kalau nantinya hasil panen kami akan turun drastic. Soalnya serangan hama tikus ini sudah memprihatinkan sekali,” katanya.

Saat ini petani sekitar masih menggunakan racun pestisida untuk mengurangi populasi hama tikus. Walau upaya itu tidak berpengaruh pada populasi hama tikus, namun petani tetap melakukannya dengan harapan bisa berkurang sedikit demi sedikit.

Mereka juga meminta agar Pemkab Simalungun melalui Dinas Partanian memberikan solusi dan bantuan kepada para petani untuk menghindari resiko gagal panen.(MSC)

Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.