}); 4 Kandidat Rektor USI | BeritaSimalungun
Home » » 4 Kandidat Rektor USI

4 Kandidat Rektor USI

Written By GKPS JAMBI on Tuesday, 27 November 2012 | 13:10


SIANTAR- Empat kandidat Rektor Universitas Simalungun (USI) yang sebelumnya telah ditetapkan panitia pemilihan, menyampaikan visi misi, Rabu pagi (14/11/12) lalu di Gedung Pascasarjana USI.

Penyampaian visi misi ini digelar dalam Sidang Senat Terbuka yang dipimpin Rektor Drs Ulung Napitu MSi. Pemilihan Rektor untuk periode 2012-2016 ini baru akan digelar 20 November mendatang dengan jumlah pemilih 29 orang anggota Senat Universitas Simalungun.

Secara berurutan, para kandidat dimulai dari Drs Hisarma Saragih MHum (Pembantu Rektor I), Drs Anggiat Sinurat MSi (Sekretaris Pascasarjana), Drs Marlan MSi (Dosen Fakultas Pertanian) dan Djarusdin Sitio SH MH (Dosen Fakultas Hukum).

Mereka mencetuskan berbagai gagasan dan terobosan yang akan mereka kerjakan jika nantinya terpilih sebagai rektor menggantikan Ulung Napitu.

Kandidat Hisarma Saragih menekankan, USI harus bisa menjadi lembaga pendidikan pilihan masyarakat dan menghasilkan lulusan berkompeten yang selaras dengan kebutuhan kerja, profesional dan bermartabat.

Menurutnya, peningkatan kualitas dosen harus diimbangi dengan kesejahteraan secara bertahap. Idealnya, ratio dosen tetap untuk mahasiswa ilmu eksakta 1:30 dan ilmu sosial 1:45. Diakuinya, bahwa membangun USI agar bisa lebih baik, bukan hal gampang.

“Berhasil tidaknya pelaksanaan visi misi ini tentu sangat bergantung pada komitmen, partisipasi, serta kerja sama semua pihak dan seluruh civitas akademika,” katanya.

Sedangkan Anggiat Sinurat menekankan peningkatan kualitas SDM dosen dan kesejahteraan, pengembangan kerja sama pendidikan dan riset dalam berbagai bidang juga penting dikembangkan.

Selain itu, pengembangan kurikulum berbasis kompetensi pasar serta pelaksanaan kinerja pada sistem yang berjenjang juga harus diterapkan. Menurutnya, birokrasi USI harus segera dilakukan dengan berorientasi pada pelayanan prima terhadap pelanggan.

Dua kandidat lainnya, Marlan dan Djarusdin Sitio, juga sependapat agar USI bisa menjadi kampus andalan bagi masyarakat. Karena itulah, pelayanan murah, mudah dan sederhana harus bisa diterapkan sehingga berbagai urusan akademis dapat berjalan efektif dan efisien.

Penyampaian visi-misi para kandidat ini juga dihadiri pengawas, pembina dan pengurus yayasan, para dekan, panitia pemilihan dan senat universitas. Usai para kandidat menyampaikan visi misinya, para hadirin diperkenankan untuk merespon, baik dalam bentuk pertanyaan, pernyataan, saran, kritik maupun masukan-masukan bagi perbaikan USI ke depan. (Copas: MSC)
Share this article :

Post a Comment