. Jalan Rusak, Warga Kecamatan Raya Tanam Pohon Pisang | BeritaSimalungun
Home » » Jalan Rusak, Warga Kecamatan Raya Tanam Pohon Pisang

Jalan Rusak, Warga Kecamatan Raya Tanam Pohon Pisang

Written By GKPS JAMBI on Tuesday, 11 December 2012 | 13:16

 Jalan Lintas Raya-Saribudolok Rusak Parah

Warga Huta Baru, Kecamatan Raya, Simalungun menanam pohon pisang di Jalan lintas Raya-Saribudolok.

SIMALUNGUN- Kondisi jalan rusak memang selalu menjadi masalah yang tak terselesaikan. Jalan besar yang menghubungkan Raya dengan Saribudolok, tepat di HUta Baru, adalah salah satu contohnya. Di sana, kondisi jalan mirip dengan kubangan kerbau. Warga yang bosan dengan kondisi itu, beramai-ramai menanam pohon pisang di badan jalan, Sabtu (8/12) sekira pukul 12.00 WIB.

Informasi dihimpun, aksi yang dilakukan puluhan warga Kecamatan Raya dilakukan sebagai bentuk protes warga karena tidak adanya peerhatian pemerintah terhadap kondisi jalan.

J Saragih (34) warga Huta Baru, Kecamatan Raya mengungkapakan, jalan rusak dan berlubang yang menyebar di sekitar jalan menuju Saribudolok Dolok ini sudah lama tidak mendapat perhatian pemerintah. Jika dihitung, ada sekira 5 tahun kondisinya rusak.

“Kalau kita mengeluhkannya kepada lurah atau camat, maka jawabannya selalu akan menyampaikannya ke Pemkab Simalungun. Ketika ditanya ke Pemkab Simalungun, maka jawabannya adalah, perbaikan itu gawean dinas PU Propinsi,” ujarnya. 

P Sihaloho (29), seorang supir angkutan bus di jalinsum Siantar-Kabanjahe, mengatakan hal senada. “Apakah benar pemerintah tidak mempunyai anggaran untuk perbaikan dan perawatan jalan lintas negara ini,” ujarnya Sihaloho bertanya dengan nada kesal.

Sihaloho menambahkan, anehnya, jalan di pusat perkantoran Pemkab Simalungun bisa diperbaiki, sedangakan jalan ini seperti tak diperhatikan.

“Jika sudah melewati jalan ini, maka mobil yang dikemudikan haruslah berjalan lambat sekali. Dengan demikian, pendapatan para supir juga akan berkurang,” ungkapnya.

Sementara warga sekitar Pinta Purba (46) mengatakan,  sejak jalan di sana rusak dan berlumpur, ia dan keluarga jarang melintas di sana. “Keluar rumah pun kita malas jika melihat kondisi jalan itu,” katanya.

Disamping itu, lumpur juga akan menyulitkan warga untuk mengangkut hasil pertanian dari daerah sekitar.
“Mudah-mudahan dengan aksi protes yang dilakukan warga ini, akan membuka mata pemerintah dan menggugah pikiran mereka, agar segera melakukan perbaikan,” harap Pinta. (Copas MSC)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.