. Koswari Gelar Diklat Jurnalistik di Siantar-Simalungun | BeritaSimalungun
Home » » Koswari Gelar Diklat Jurnalistik di Siantar-Simalungun

Koswari Gelar Diklat Jurnalistik di Siantar-Simalungun

Written By GKPS JAMBI on Tuesday, 11 December 2012 | 13:19

Semarakkan HUT ke XIII


SIMALUNGUN- Bertempat di Aula Hotel Alexander, DPC Korps Senior Wartawan Republik Indonesia (Koswari) Siantar-Simalungun menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) dan pemahaman hukum, Sabtu (8/12). Diklat itu digelar untuk menyemarakkan HUT ke XIII yang perayaannya dipusatkan di Kota Pematangsiantar.

Ketua panitia Adlis Efendi dalam sambutannya mengatakan, diklat dan pemahaman hukum yang diadakan dalam rangka HUT Koswari ke XIII diikuti mahasiswa/i, wartawan, dan masing-masing perwakilan pengurus Koswari se Indonesia. Ia mengatakan, diklat tersebut akan menjadi agenda Koswari setiap tahunnya, untuk mematangkan dan mencerdaskan wartawan di tanah air.

Ketua DPC Koswari Siantar-Simalungun Leo Visen Simanjuntak dalam pengarahannya mengungkapkan, jurnalistik adalah suatu pekerjaan yang mengemban tanggungjawab dan mensyaratkan adanya kebebasan. Karena tanpa adanya kebebasan, seorang wartawan sulit untuk melakukan pekerjaanya. Akan tetapi, kebebasan tanpa disertai tanggungjawab, akan mudah menjerumuskan wartawan ke dalam praktek jurnlistik yang kotor, serta merendahkan harkat dan martabat wartawan tersebut.

Karena itulah baik di negara-negara maju maupun negara berkembang, persyaratan untuk menjadi wartawan dirasa sangat berat. Wartawan harus benar-benar bisa menjaga perilaku dalam kegiatan jurnalistiknya sesuai dengan aturan yang ada, yaitu sesuai dengan kode etik jurnalistik pasal 1 ayat 1, dan Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999, serta dan Undang-undang nomor 22 Tahun 2002.

Masih kata Leo Visen, wartawan adalah sebuah profesi. Dengan kata lain, wartawan adalah seorang profesional. Dalam menjalankan profesinya, seorang wartawan harus dengan sadar menjalankan tugas, hak, kewajiban dan fungsinya, yakni mengemukakan apa yang sebenarnya terjadi. 

Bukan hanya itu, seorang wartawan harus turun ke lapangan untuk meliput suatu peristiwa yang bisa terjadi kapan saja. Bahkan, wartawan kadangkala harus bekerja menghadapi bahaya untuk mendapatkan berita terbaru dan original.

Selain itu, wartawan harus mematuhi kode etik jurnalistik. Misalnya wartawan tidak menyebarkan berita yang bersifat dusta, fitnah, sadis, dan cabul, serta tidak menyebutkan identitas korban kejahatan asusila. Wartawan menghargai dan menghormati hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar.

Ketua DPD Koswari Sumut Ir Husni Husin mengatakan, kemerdekaan pers merupakan bagian dari kedaulatan rakyat, yang juga mengharuskan kita menghormati Hak Asasi Manusia (HAM). Untuk itu, pers nasional berupaya semaksimal mungkin menerapkan jurnalisme berbasis HAM.

Guna menerapkan hal itu, sambung Husni Husin, langkah penting yang perlu dilakukan antara lain, memperdalam pemahaman atas UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Dengan kemampuan memahami pasal-pasal dan makna dari UU Pers dan KEJ itu, sesungguhnya di situ proteksi yang diberikan kepada publik. Dan, inilah bagian dari HAM, sehingga pemberitaan senantiasa dalam koridor etika profesi,” tukasnya. (Copas MSC)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.