Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pasar Sidamanik Perlu Perbaikan

Tiang Seng Lapuk dan Berlepasan


[Foto: Rano Hutasoit]
Beberapa seng Pasar Pekan Sidamanik terlepas.

SIDAMANIK – Kondisi Pasar Sidamanik di Jalan Besar Sidamanik, Kecamatan Sidamanik sudah rusak. Beberapa seng terlepas dan tiang-tiang penahan seng juga sudah mulai lapuk akibat sering terkena hujan dan panas.

Pantauan , beberapa seng balerong terlepas. Apabila hujan turun, aktifitas pedagang terganggu dan harus menutup jualannya. Beberapa tiang gedung balerong sudah mulai membusuk akibat sering terkena air dan panas matahari secara langsung.

Menurut keterangan P br Silalahi (43) salah seorang pedagang di Pekan Sidamanik, kondisi rusaknya atap balerong itu sudah sekitar setahun. Bahkan, beberapa kayu penyangga seng sudah terkelupas dan tampak pula ada jejak-jejak air di plafon.

“Memang balerong ini dipergunakan sekali seminggu yakni setiap hari Jumat. Seng balerong yang rusak tempat berjualan pedagang dan bagian pekantoran Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan UPT Sidamanik,” kata Silalahi dan menambahkan Kantor UPT tidak ditempati sehingga para petugas tidak mengetahui kerusakan itu.

Awal kerusakan seng, karena angin kencang yang membuat seng terbang dan akhirnya meluas. Apabila datang angin kencang, bisa saja seng yang lain juga akan terbang dan merusak balerong itu.

 “Padahal setiap pedagang harus membayar retribusi setiap minggunya. Pembayaran retrisbusi itu harusnya juga sudah mencakup biaya perawatan tempat berjualan,” ujarnya.

Sedangkan Mindo Damanik (32) warga Sidamanik mengatakan, Pasar Sidamanik adalah tempat perputaran ekonomi di Sidamanik. Walau hanya sekali seminggu, namun warga Sidamanik melakukan transaksi jual beli hasil bumi.

“Perbaikan balerong itu bukanlah permasalah biaya, namun lebih kepada kepedulian. Karena beberapa seng lepas, jika tidak segera diperbaiki akan berakibat fatal dan secara perlahan balerong dapat roboh, karena tiang penahan seng terkena air,” ujarnya.(MSC)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments