Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Catatan-Catatan Menarik Jelang Duel Jerman vs Argentina

RIO DE JANEIRO - Tahukah Anda, tak pernah ada dalam sejarahnya, sebuah tim nasional berhasil menjuarai Piala Dunia saat memakai tenaga pelatih asing. Berapa uang yang akan dibawa pulang tim yang tampil sebagai juara?

Berikut ini sejumlah catatan menarik menjelang final Piala Dunia 2014 antara Jerman versus Argentina di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (14/7) dinihari WIB, yang dikutip dari berbagai sumber:

- Argentina selalu menang dalam 6 pertandingannya menuju final, termasuk lewat adu penalti. Argentina juga tidak terkalahkan, tapi mereka seri satu kali di fase grup, yakni saat menghadapi Ghana (2-2).

- Kecuali Miroslav Klose (2002), semua pemain dari kedua kesebelasan akan melakoni final Piala Dunia untuk pertama kalinya.

- Estadio do Maracana akan menjadi stadion pertama dalam sejarah yang pernah menggelar pertandingan final Piala Dunia. Sebelumnya stadion ini menjadi tempat partai puncak Piala Dunia 1950, antara tuan rumah Brasil melawan Uruguay, yang dimenangi tim tamu. Kapasitas Maracana saat ini adalah 76.935 penonton.

- Sang juara dunia akan menerima hadiah uang sebesar 35 juta dolar AS, atau sekitar Rp 407 miliar. Runner-up kebagian 25 juta dolar atau setara Rp 290 miliar.

- Ini adalah pertemuan ketiga Jerman dan Argentina di final Piala Dunia. Argentina menang 3-2 di edisi 1996, Jerman membalasnya empat tahun kemudian (1990) dengan skor 1-0.

- Jerman adalah juara dunia tiga kali (1954, 1974, 1990) dari 7 penampilannya di final. Sedangkan Argentina dua kali juara dalam 4 laga finalnya (1978, 1986).

- Secara head-to-head, Argentina masih unggul atas Jerman, 9-6. Lima pertemuan lain mereka berakhir seri.

- Sebuah negara dengan pelatih asing tak pernah menjuarai Piala Dunia. Rekor ini akan berlanjut karena Joachim Loew (Jerman) dan Alejandro Sabella (Argentina) berasal dari negara yang timnya mereka latih.

- Kapten kedua finalis tahun ini terbilang pendek untuk ukuran pemain Eropa: Philipp Lahm (Jerman) hanya 170 cm, Lionel Messi (Argentina) 169 cm. Kapten terpendek yang pernah memenangi Piala Dunia adalah Diego Maradona (Argentina, 165 cm) di tahun 1986. (*)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments