Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bangkai Ikan-ikan di Danau Haranggaol Timbulkan Aroma Busuk

Limbah Ikan Mati di Haranggaol. Foto Bossar Maulana Purba
BERITASIMALUNGUN.COM, Haranggaol-Danau Toba di Haranggaol, Kecamatan Horisan Haranggaol, Kabupaten Simalungun kini dicemari dengan ikan-ikan mati terbuang di danau. Pihak petani keramba ikan keramba (jaring apung) di Haranggaol membuang begitu saja ikan-ikan mati ke danau tanpa membuang ke tempat yang ramah lingkungan. 

Bossar Maulana Purba, seorang warga Haranggaol mengatakan, pencemaran dari banyaknya ikan mati dibuang begitu saja oleh petani ikan mas dan ikan nila membuat pantai Haranggaol menjadi tempat sampah. Baunya kemana mana dan membuat wisatawan menutup hidung.
 
"Bagaimana peran pemda dalam hal ini? Kesadaran pemilik keramba yg sangat rendah hanya mengeksploitasi danau toba saja. Sangat mengharukan sekali. Harusnya pemda Simalungun harus turun tangan. Kapan majunya pariwisata yg bisa dinikmati semua warga? Ini hanya dinikmati oleh segelintir warga yg kebanyakan keramba dimiliki oleh perantau di tempat lain?  Mari jadikan Haranggaol tempat wisata yg indah dan berperan dalam meningkatkan ekonomi semua warga Danau Toba," ujar Bossar Maulana Purba. (Lee)

Limbah Ikan Mati di Haranggaol. Foto Bossar Maulana Purba

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments