Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Inilah Catatan Jordi Purba Soal Bupati Simalungun JR Saragih



Hotel Simalungun City di Hapoltakan Pematang Raya milik Bupati Simalungun JR Saragih. Foto Asenk Lee Saragih


Sejumlah RUKO  di Hapoltakan Pematang Raya milik Bupati Simalungun JR Saragih. Foto Asenk Lee Saragih

BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-JR Saragih itu berniat menjadi Bupati Simalungun sejak tahun 2005. Namun saat itu dia tak memperoleh partai pengusung karena kalah bersaing dengan calon lain. Walapun kabarnya sudah menyerahkan sejumlah dana ke salah satu partai melalui orang Simalungun yang di partai itu.

Pada 5 tahun berikutnya dia coba lagi, bersaing dengan calon yang petahana H Zul Damanik, dia berhasil memenangkannya kendatipun ada gugat-gugatan di MK.

Awalnya saya suka dengan kawan ini (Jopinus Ramli Saragih). Namun setelah niat membangun Kantor Bupati Simalungun yang sekarang dilakukan, sangat gampang diduga, dia mengedepankan bisnis pribadi dengan membangun semua itu.

Bermula dari Kantor Bupati Simalungun lama yang katanya tidak layak pakai setelah dilakukan penelitian oleh para ahli. Dipindahlah Kantor Bupati Simalungun dengan membangun baru (bukan yang lama direnovasi) dan pembebasan tanahnya-pun penuh dengan persoalan. 

Tapi sebelum itu terealisasi, tanah ex Perumnas yang menjadi Ruko (Rumah Toko) dan Hotel Simalungun sekarang, diperjuangkan untuk dilelang dan hak kepemilikan menjadi berpindah ketangannya (JR Saragih).

Kemudian muncullah pertanyaan-pertayaan, kenapa Gedung Kantor Bupati Simalungun yang lama layak dipakai TNI ? Apakah lebih berharga nyawa JR Saragih dan staf-stafnya dibanding Anggota TNI-TNI itu jika diprediksi gedung itu akan runtuh kata para ahli yang  dipesan itu ?

Lantas, kenapa letak Kantor Bupati harus ditempat yang sekarang, tepat di depan tanah ex Perumnas yang dilelang itu ? Memang visi bisnis kawan ini sangat jitu. Acara-acara Pemkab Simalungun yang tadinya harus di hotel-hotel di Pematangsiantar atau Parapat, cukup diadakan di Aulanya atau Hotelnya saja. 

Pemkab Simalungun butuh kantor, silahkan sewa ruko-ruko itu. Sudah barang tentu jalan di depan pusat bisnis itu dibuat megah sedemikian rupa, seolah menjadi ikon kota yang baru.
Lantas pertanyaan berikutnya, darimana dana untuk membangun semua pusat bisnis itu ? Sedangkan SK Pegawai Negeri bisa digadaikan, apalagi SK yang lebih tinggi, ya gampang.

Begitulah bisnis itu semakin berkembang pesat yang mengatas namakan pembangunan. Dan yang paling lucu, ada pula pernyataan, dia itu hebat, mau berinvestasi di Kabupaten Simalungun. Apa memang hebat berinvestasi dengan cara seperti itu ya ? Hihihi....*Gabolehmarah. (Lee)/(Sumber: Group FB MEDIA SIMALUNGUN)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments