Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Dua Ruas Tol Segera "Ground Breaking" di Sumut

Deli Serdang -Wilayah Sumatera Utara saat ini baru memiliki 1 ruas tol. Rutenya Belawan-Tanjung Morawa sepanjang 34 kilometer (km).Ft IST

BERITASIMALUNGUN.COM, Deli Serdang-Pemerintah memperkirakan, sedikitnya dua dari empat ruas tol Trans Sumatera akan dilakukan peletakan batu pertama (Ground Breaking) sebelum Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II berakhir pada 20 Oktober 2014.

"Dua ruas itu kalau bisa di-'ground breaking' oleh Menko Perekonomian, jika tidak mungkin hanya di-'launching' saja," kata Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto kepada pers usai Ground Breaking Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa.

Penegasan itu terkait dengan keluarnya Peraturan Presiden No 100/2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera yang ditandatangani Presiden SBY pada 17 September 2014.

Dari 23 ruas tol Trans Sumatera, empat diantaranya jalan tol Medan-Binjai, Palembang-Simpang Indralaya, Pekanbaru-Dumai dan Bakauheni-Terbanggi Besar akan mengawali percepatan pembangunan tersebut.

"Percepatan pembangunan empat ruas jalan tol tersebut akan dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara, yakni PT Hutama Karya (Persero) melalui skema penugasan," bunyi Perpres tersebut.

Adapun sumber pendanaan PT Hutama Karya (Persero) dalam pelaksanaan pembangunan jalan tol Sumatera itu dapat berasal dari penyertaan modal negara, penerusan pinjaman dari pinjaman pemerintah yang berasal dari luar negeri dan dalam negeri, seperti penerbitan obligasi.

Menurut Djoko, dari empat ruas utama itu yang paling memungkinkan untukndisegerakan adalah ruas Medan-Binjai dan Palembang-Simpang Indralaya karena kemajuan pembebasan lahannya signifikan.

"Bahkan, salah satu seksi di Palembang, sepanjang tujuh kilometer, lahannya sudah bebas 100 persen dan Medan- Binjai tinggal berkoordinasi dengan PT PN," katanya.

Bahkan, Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pudjo Nugroho menyebut, pihaknya sudah berkoordinasi perihal petak tanah sebidang untuk proyek tol Medan-Binjai dengan PT Perkebunan Nusantara.

"Jika ini selesai dalam waktu dekat maka, ruas Medan-Binjai, lahannya sudah 80 persen bebas," kata Gatot.

Terkait dengan peletakan batu pertama proyek tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi tersebut, pihaknya optimis bila sudah selesai pada 2017, maka akan memacu pertumbuhan ekonomi provinsi ini secara signifikan.

"Hanya satu ruas tol saja, Belmera, pertumbuhan ekonomi Sumut sudah di atas rata-rata nasional, apalagi dengan tambahan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi," kata Gatot tanpa menuebutkan perkiraan angka pertumbuhan ekonomi yang dimaksud.(ant)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments