}); ELEMEN MASYARAKAT SIANTAR TOLAK PILKADA DEWAN | BeritaSimalungun
Home » , » ELEMEN MASYARAKAT SIANTAR TOLAK PILKADA DEWAN

ELEMEN MASYARAKAT SIANTAR TOLAK PILKADA DEWAN

Written By Beritasimalungun on Friday, 19 September 2014 | 17:39

Tugu Adipura Kota Pematangsiantar. Foto Asenk Lee Saragih
BERITASIMALUNGUN.COM, Siantar-Elemen masyarakat Kota Pematangsiantar, Jumat, menggalang dukungan untuk menolak pemilihan kepala daerah (Pilkada) melalui legislator/dewan.

Puluhan pemuda yang tergabung dalam wadah Forum Diskusi Demokrasi (FDD), mengajak masyarakat membubuhkan tanda tangan penolakan di selembar kain putih panjang.

"Jika Pilkada melalui anggota dewan, maka menciderai perjuangan demokrasi, karena kedaulatan ada di tangan rakyat," ujar Koordinator Lapangan FDD, Rocky Marbun, di persimpangan Jalan Merdeka dan Jalan Sudirman.

Rocky mengakui, penyelenggaraan pemilu langsung yang mengikut-sertakan rakyat membutuhkan biaya yang lebih besar dan rentan praktik politik uang.

FDD menilai, letak permasalahan bukan pada opsi pemilihan langsung atau tidak langsung, tetapi melalui penyempurnaan peraturan, pengawasan dan penegakan hukum.

"Jika tidak disempurnakan, politik uang tetap berlangsung hanya pemindahan dari rakyat ke dewan," ujar Rocky.

FDD kata Rocky, melihat ketidakkomitmenan jangka panjang dari anggota dewan yang menguasai parlemen untuk mengembangkan praktik demokrasi.

"Ketika sistem demokrasi berubah ke pemilihan langsung, bukan perjuangan yang mudah. Jadi jangan segampang itu merubah sistem pemilihan lagi," tandas Daniel Pasaribu, anggota FDD.

Untuk itu FDD meminta pemerintah dan DPR menganulir pasal dalam RUU Pilkada terkait pemilihan melalui dewan, yang dinilai melunturkan demokrasi.(ant)

Share this article :

Post a Comment