Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Dinkes Distribusikan Masker Kepada Pengungsi Sinabung

Erupsi Gunung Sinabung
BERITASIMALUNGUN.COM, Medan-Dinas Kesehatan Sumatera Utara mengutus dua orang tim surveilans wabah dan bencana ke Kabupaten Karo dengan membawa enam ribu masker yang akan diberikan kepada pengungsi di Tanah Karo akibat erupsi Gunung Sinabung.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Karo, di sana butuh masker, karena itu tim surveilans wabah dan bencana berangkat ke Karo membawa masker. Selain itu ditawarkan makanan pendamping ASI, kalau mereka butuh, akan dikirim," kata Kabid Penanggulangan Masalah Kesehatan Dinkes Sumut dr NG Hikmet di Medan Kamis.

Mengenai obat-obatan, katanya, sampai saat ini belum ada permintaan dari Pemkab Karo ke Dinkes Sumut. "Belum ada permintaan, tetapi kalau mereka minta, akan dikirim juga," katanya.

Sementara itu, Ketua Jaringan Kesehatan Masyarakat (JKM) Sumatera Utara dr Delyuzar mengatakan masyarakat harus hati-hati, karena abu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung berefek terhadap kesehatan seperti gangguan pada paru, dan rentan mempengaruhi kesehatan anak-anak dan orang tua.

"Debu dari erupsi Gunung Sinabung dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asma. Partikel abu selain dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asma, juga dapat mengakibatkan penyakit 'bronchitis'," katanya.

Namun, katanya, saat ini partikel debu belum mencapai tingkat konsentrasi yang besar. Mungkin untuk daerah yang dekat Sinabung, bisa saja sudah sampai ke level itu," katanya.

Kondisi cuaca yang tidak disertai hujan, juga dapat menyebabkan masuknya partikel debu ke paru bila berada di ruang terbuka.

"Yang ditakutkan kalau tidak ada hujan di Medan, level tingkat konsentrasinya bisa tinggi. Dalam waktu yang lama terpapar partikelnya bisa menyebabkan fibrosis paru atau terbentuknya jaringan ikat," katanya.(ant/lee)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments