Info Terkini

10/recent/ticker-posts

KPK Enggan Buka Daftar Merah-Kuning Menteri

Kabinet Jokowi

KPK Enggan Buka Daftar Merah-Kuning Menteri
Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan tidak ada niatan untuk membuka daftar nama menteri yang diberi catatan warna merah dan kuning. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

BERITASIMALUNGUN.COM,Jakarta-Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan tidak ada niatan untuk membuka daftar nama menteri yang diberi catatan warna merah dan kuning. "Informasi itu hanya untuk Pak Jokowi," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di kantornya, Jakarta, Rabu malam (29/10).

Dia menegaskan bahwa daftar nama itu adalah data-data rahasia yang hanya diperuntukan bagi Presiden. KPK tidak akan membuka informasi tersebut walau didesak oleh siapapun. “Kami tidak mau didesak siapapun,” ujarnya.

Namun, Johan menyatakan sebuah pengecualian. "Kecuali jika Presiden yang mengumumkan itu. Data itu kan sudah jadi milik Presiden," katanya. Sebelumnya, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan akan meminta KPK untuk membuka daftar nama tersebut.

Dalam proses pemilihan menterinya, Presiden Joko Widodo meminta pertimbangan KPK dan PPATK untuk memilih siapa yang layak diangkat ke dalam kabinetnya. KPK sudah memberikan rekomendasi sebagai tanggapan dari permintaan itu. Bentuk rekomendasi itu, menurut KPK, disampaikan dengan gradasi warna merah dan kuning.

Daftar nama merah dan kuning memang sempat meruapkan polemik. Pasalnya, bongkar pasang nama calon menteri kala itu sering dipersepsikan dengan daftar pemberian KPK dan PPATK.

Kini, Kabinet Kerja bentukan Joko Widodo sudah dilantik. Namun, lantaran isu soal daftar merah dan kuning terlanjur dikenal publik.
(cnni/sip)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments