Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Adelbert Damanik Terpilih Jadi Ketua KPU Simalungun

Adelbert Damanik
Adelbert Damanik
BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Dadang Susprianto SH dilantik menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) Komisioner KPU Simalungun menggantikan Alm Porang Harahap. Setelah lima komisioner dinyatakan lengkap, Adelbert Damanik terpilih menjadi Ketua KPU Simalungun.

Sekretaris KPU Simalungun James Siahaan STTP melalui telepon selularnya mengatakan, pelantikan Adelbert Damanik sebagai ketua KPU setelah menggelar pleno. Pelantikan segera dilaksanakan mengingat tahapan pemilukada yang sudah dekat.

“Dadang Susprianto SH ditetapkan PAW  komisioner menggantikan almarhum Porang Harahap. Setelah komisioner dinyatakan lengkap atau berjumlah lima, dilanjutkan dengan pleno penetapan ketua KPU yang sebelumnya dijabat Almarhum Porang Harahap. Hasil pleno memutuskan Adelbert Damanik menjadi Ketua KPU Simalungun,” jelasnya sembari mengaku pleno dilaksanakan di KPU Sumut, Senin (5/12).

Menurut James, pelaksanaan pelantikan ketua dan penetapan komisioner PAW dilaksanakan setelah rapat koordinasi dengan pihak KPU Sumut tertanggal 29 Desember 2014 lalu. Waktu memulai tahapan pemilu sudah mendesak sehingga penetapaan kelengkapan komisioner KPU harus dibenahi.

Tertanggal 24 Januari 2015 sudah dimulai tahapan Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) Simalungun. Tahapan pertama adalah penetapan regulasi pilkada. Hal ini sudah sesuai rapat koordinasi dengan KPU Sumut. Dimana pemilihan kepala daerah dijadwalkan digelar bersamaan 16 Desember 2015 mendatang,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Simalungun Drs Porang Harahap meninggal dunia di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa (16/12) sekira pukul 06.10 WIB. Sekretaris KPU Simalungun James Siahaan melalui telepon selularnya mengatakan, Ketua KPU Simalungun Porang Harahap bersama empat komisioner KPU dan dirinya berencana mengikuti rakernas KPU Award yang dijadwalkan Rabu (17/12).

Atas usul bersama, sebelum mengikuti pertemuan tersebut, seluruh komisioner dan sekretaris berencana berangkat lebih awal dan singgah di Yogyakarta. Setelah menginap semalam di Yogyakarta, direncanakan menuju Jakarta mengikuti KPU Award.

Setiba di Yogyakarta, Senin (15/12), Porang Harahap mengalami gangguan kesehatan dengan merasa sesak. Porang akhirnya dibawa ke RS PKU Muhammadiyah dan mendapat perawatan selama semalam, bahkan sempat dirawat di ICU.

Menurut James, Porang Harahap tidak tertolong dan meninggal dunia pada Selasa (16/12) sekira pukul 06.10 WIB. Asma yang diderita almarhum sebelumnya juga sudah sering dikeluhkan. Beberapa komisioner juga mengaku, saat berangkat ke Jakarta beberapa waktu lalu, almarhum juga sempat masuk rumah sakit akibat sesak dan kelelahan.(MSC)         

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments