Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pungli Jalan Sertijab Kepala Sekolah se-Kabupaten Simalungun

Pungli Jalan Sertijab Kepala Sekolah se-Kabupaten Simalungun
BERITASIMALUNGUN.COM-Sebanyak 42 orang yang terdiri kepala sekolah tingkat SDN, SMPN dan SMAN , pengawas dan kepala UPTD  se-kabupaten Simalungun melaksanakan di Ruang Guru SMK Negeri  I Raya, Selasa (13/1/2015).

Pelaksanaan sertijab tersebut, menurut salah satu peserta yang mengikuti sertijab juga bernuansa pungli. Disebutkannya ada pungutan uang sebesar dua juta rupiah dilakukan oleh Kabid Elpiani Sitepu, yang kemudian dibantahnya yang bersangkutan ketika berada di ruangan Plt Kadis Parsaulian Sinaga.

Namun, fakta di lapangan yang didapat oleh hetanews.com dari sejumlah Kepala sekolah, yang menyampaikan keluhannya. Mereka mengatakan ada pungutan untuk biaya administrasi sejumlah kepala sekolah yang sertijab sebesar 2 juta rupiah.

Menurut para kepala sekolah yang mengeluh, kabid itu selalu mengatasnamakan bupati JR Saragih. Dan, seandainya tidak memberikannya maka akan keluar ancaman akan mencopot dirinya dari jabatan kepala sekolah. “Kami takut juga karena pak bupati suka gonta-ganti orang,” ungkap salah seorang kepala sekolah SDN tersebut.

Saat ditanya, mengapa tidak dilakukan perlawanan? Mereka menyebutkan, kalau melakukan laporan tidak ada juga gunanya karena mereka pasti akan dicopot dari kursi kepala sekolah. “Mana berani kita melawan karena ada ancaman pencopotan bang,” ulangnya.


Kondisi pungli di dinas pendidikan Pemkab Simalungun seakan ‘dipelihara’ dan menjadi ajang yang empuk bagi petinggi untuk menghasilkan rupaih masuk ke kantong pribadi, sedangkan guru dan kepala sekolah hanya jadi korban dari nafsu serakah. Ketika ditanyakan kepada dinas terkait, selalu mengelak dan mengatakan itu tidak pernah terjadi. Apa mungkin ada keluhan tanpa ada sebab? (hetanews.com).

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments