Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Polri Tetapkan Tersangka Insiden Tolikara

http://img1.beritasatu.com/data/media/images/medium/221437288856.jpg
Wilayah Karubaga, Tolikara, Papua (Wikipedia)
Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menetapkan tersangka insiden pembakaran sejumlah kios dan rumah ibadah di Tolikara, Papua, Rabu (22/7).

"Kemungkinan hari ini sudah bisa ditetapkan tersangka yang merupakan dalang di balik kerusuhan itu. Sehingga polisi bisa langsung melakukan penindakan," ujar Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (22/7).

Para saksi yang telah diperiksa, lanjutnya, berasal dari pihak kepolisian, masyarakat, jemaah dan panitia.

"Saksi cukup banyak sekitar 31 orang, tetapi masih kita akan periksa hari ini sekitar lima orang lagi," ujarnya.

Badrodin juga membantah adanya campur tangan asing dalam insiden Tolikara. Namun, pihaknya akan mempelajari semua latar belakang yang mengindikasikan adanya keterlibatan berbagai pihak termasuk pihak asing.

"Saya belum menemukan fakta hukumnya ke sana. Tetapi semua latar belakang tentu akan kami pelajari, termasuk juga berbagai informasi yang berkembang di masyarakat, termasuk informasi yang kita dapatkan dari beberapa sumber informasi yang ada di sana," ujarnya.

Lebih lanjut, Badrodin menegaskan bahwa kepolisian sudah melakukan langkah antisipasi dengan mengumpulkan berbagai elemen, termasuk pejabat pemerintahan, para Kapolda, tokoh-tokoh agama baik muslim maupun non-muslim untuk bisa mengendalikan jemaahnya.

Badrodin pun mengharapkan masyarakat bisa menyikapi masalah-masalah seperti ini dengan kepala dingin sehingga tidak melakukan tindakan-tindakan yang emosional dan tidak main hakim sendiri
"Semua elemen sepakat untuk itu. Saya harapkan ini semua tidak terjadi dampak lain di luar itu," katanya. (Yustinus Paat/Novi Setuningsih/FIR/Suara Pembaruan)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments