. Dua Menteri Berdarah Batak di Kabinet Kerja Jokowi-JK Versi Baru | BeritaSimalungun
Home » » Dua Menteri Berdarah Batak di Kabinet Kerja Jokowi-JK Versi Baru

Dua Menteri Berdarah Batak di Kabinet Kerja Jokowi-JK Versi Baru

Written By Beritasimalungun on Thursday, 13 August 2015 | 05:06

BERITASIMALUNGUN.COM-Pengumuman nama-nama menteri di Kabinet Kerja Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK) di halaman Istana Negara, Minggu (26/10/2014) lalu sempat memunculkan reaksi yang tidak puas dari kalangan masyarakat Sumatera Utara, khususnya kalangan etnis Batak. Saat itu, banyak dari kalangan masyarakat Batak berkicau di media sosial, baik di Facebook dan Twitter mempertanyakan mengapa Jokowi-JK tidak memilih satupun kalangan Batak menjadi menteri.

"Kemana Maruarar Sirait dan Luhut Panjaitan yang sempat digadang gadang bakal masuk dalam bursa menteri?" Demikian kira-kira banyak pertanyaan para netizen, khususnya kalangan masyarakat Batak saat itu.

Pertanyaan demikian memang dinilai wajar, sebab tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian dari pada suksesnya Jokowi-JK menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2014, juga merupakan bagian dari dukungan besar dari kalangan masyarakat Batak. Sebagai contoh misalnya di Samosir dan beberapa daerah-daerah Batak lainnya, 95 persen adalah pemilih Jokowi dan JK.

Hari ini, Rabu (12/8/2015) di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Presiden Jokowi akhirnya melantik menteri-menteri baru hasil reshuffle Kabinet Kerja. 6 Menteri baru dilantik di Istana Negara. Dari ke-6 Menteri yang baru dilantik tersebut terdapat dua nama orang Batak, yaitu Darmin Nasution yang menjabat Menko Perekonomian dan Luhut Binsar Pandjaitan yang menjadi Menko Polhukam.

Adapun melalui perombakan kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi, Darmin Nasution akan menggatikan posisi Sofyan Djalil, sementara Luhut Binsar Pandjaitan menggantikan posisi Tedjo Edhy.

Selain melantik dua menteri dari kalangan Batak, Presiden Jokowi pada kesempatan yang sama juga turut melantik tiga menteri dan sekertaris kabinet, diantaranya Rizal Ramli menjadi Menko Kemaritiman, Sofyan Djalil menjadi Kepala Bappenas, Thomas Lembong menjadi Mendag, dan Pramono Anung menjadi Seskab.


Dengan perombakan Kabinet Kerja yang dilakukan oleh Presiden Jokowi hari ini, Rabu (12/8/2015), sekaligus memantapkan tradisi lama, yakni tradisi dimana di jajaran kabinet dalam sejarah Indonesia, selalu diisi dengan keterwakilan masyarakat Batak didalamnya. (Lee)
Share this article :

Post a Comment

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.