Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Dukung JR Saragih, Sekda Simalungun Diperiksa Panwaslu Simalungun

Sekda Gideon Purba saat diperiksa Ketua Panwas Kabupaten Simalungun, Ulamatuah Saragih.
Sekda Gideon Purba saat diperiksa Ketua Panwas Kabupaten Simalungun, Ulamatuah Saragih.
BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Simalungun yang terindikasi melakukan pelanggaran tahapan Pilkada patut merasa was-was. Soalnya, jika nanti terbukti mendukung paslon JR Saragih-Amran Sinaga, maka para PNS tersebut akan dikenakan ancaman pidana.

“Benar, kita sudah menerima laporan terkait adanya dugaan keterlibatan PNS Kabupaten Simalungun dari Panwas Kabupaten Simalungun. Masalah tersebut, sudah ditangani oleh Panwas kabupaten,” Syafrida Rasahan selaku Ketua Bawaslu Propinsi Sumatra Utara, melalui selulernya, Minggu (2/8/2015) sekitar pukul 18.00 WIB.

Kata dia, jika terbukti nantinya, maka pihaknya akan menyerahkan persoalan ini kepada atasannya yang lebih tinggi, yaitu Kemenpan selaku atasan tertinggi dari PNS. Setelah itu, baru menyurati aparatur negara yang ada di Propinsi Sumatra Utara.

“Apakah ada ancaman pidananya atau tidak, maka kita akan kaji dulu. Kalau untuk memberikan sanksi kita belum bisa dan masih menunggu dalam proses pemeriksaan, apakah ada yang dilanggar oleh para PNS tersebut,” katanya, sembari menambahkan Bawaslu propinsi juga bisa mengambil tindakan dan memberikan sanksi. 

Sementara Bobi D Purba dari Panwas Kabupaten Simalungun, yang juga dihubungi melalui selulernya mengatakan bahwa persoalan ini sudah sampai ke Bawaslu RI.

“Ketua Panwas Kabupaten Simalungun sedang ke Jakarta. Ada pertemuan dan rapat internal Bawaslu serta sekalian membicarakan tentang persoalan keterlibatan PNS Kabupaten Simalungun,” kata Bobi.
Diakui Bobi, Panwas Kabupaten Simalungun tidak berhak memberikan sanksi melainkan hanya melakukan klarifikasi saja dan menyampaikan persoalan ini ke Bawaslu RI.

“Dua PNS Kabupaten Simalungun, Gideon Purba selaku Sekda Simalungun dan Lurinim Purba selaku Asisten I sudah diklarifikasi. Kalau tidak salah hari Jumat yang lalu,” tutup Bobi. (Penulis : Manson Purba)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments