Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Himpasi Simalungun : Warga Simalungun Hendaknya Cerdas Menilai Paslon Bupati



BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Calon Bupati Simalungun Periode 2015-2020 sudah ditetapkan KPU Simalungun dan sudah mendapatkan nomor urut yaitu (1) Tumpak Siregar/Irwansyah Damanik, (2) Evra Sasky Damanik/Sugito (3) Hj Nuriaty Damanik/Posma Simarmata,(4) DR JR Saragih SH MM/Ir Amran Sinaga. 

Dengan ditetapkan Calon Bupati/Wakil Bupati Simalungun maka Warga Simalungun sudah bisa melakukan Penilaian rekam jejak dan kredibilitas mereka selama ini. Demikian dikatakan Rizal Sipayung Ketua Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (HIMAPSI) Kabupaten Simalungun kepada SS Rabu (26/8).

Rizal Sipayung mengatakan sebaiknya masyarakat Kabupaten Simalungun bisa dengan cerdas menilai kapasitas dan kapabilitas calon pemimpinnya demi keberlangsungan pembangunan Kabupaten Simalungun. 

Harap diingat Kabupaten Simalungun secara historis adalah tanah leluhur etnis Simalungun yang plural dan majemuk. Kemajemukan Kabupaten Simalungun sudah sejak dulu terkenal hingga ke seluruh NKRI ujar Rizal Sipayung.

Kemajemukan warga Simalungun terutama dalam hal agama sudah terpelihara dengan baik sejak dahulu sehingga dalam keluarga sudah biasa ada yang beragama Islam dan ada yang beragama Kristen dan hubungan kekeluargaan selalu berjalan dengan baik. Begitu juga Kabupaten Simalungun dihuni ragam etnis bisa dikatakan Kabupaten Simalungun sebagai miniatur Indonesia.

Dengan realitas demikian dalam hal Politik terutama memasuki masa kampanye Pilkada sekarang sebaiknya janganlah ada Calon yang coba-coba mempertentangkan masalah SARA di Simalungun karena itu tidak sesuai dengan tradisi etnis Simalungun yang sangat mengharagai kemajemukan. 

Jika ada Calon yang berusaha membuat Issu SARA misalnya Issu agama sangat tidak produktif karena hal issu tersebut sangat tidak disukai warga Kabupaten Simalungun ujar Rizal.

Rizal Sipayung mengajak seluruh warga Kabupaten Simalungun untuk menilai Calon pemimpinnya secara objektif dan jujur nilailah rekam jejak mereka secara baik dan dan dukunglah yang diyakini dapat membawa Kabupaten Simalungun ke arah yang lebih baik dan sejahtera ujar Rizal.

Selanjutnya Rizal Sipayung menghimbau warga Simalungun agar jangan mau dikotak-kotakkan hanaya Pilkada. Memilih pemimpin adalah sebuah kegembiraan bukan justru menyebabkan terjadinya gap antar masyarakat. Masyarakat sebaiknya semakin dewasa dalam berdemokrasi janganlah menggunakan cara-cara yang tidak fair apalagi sampai mencari-cari kesalahan Calon yang lain. 

Sebagai manusia biasa tentu tak satupun Calon yang tidak luput dari kekurangan dan disamping itu setiap Calon pastilah memiliki kelebihan hanya saja marilah kita berlomba menonjolkan kebaikan bukan justru selalu mencari-cari kesalahan saja ujar Rizal Sipayung.

Selanjutnya para Tim Sukses hendaknya lebih mahir meraih simpatik masyarakat melalui cara-cara yang demokratis dan hindarilah kampanye hitam terhadap Calon lain karena kampanye hitam tidak sesuai dengan semangat demokrasi. 

Marilah kita bekerja menonjolkan kelebihan Calon yang kita dukung dengan semangat kebersamaan karena siapapun nanti yang terpilih adalan menjadi Pemimpin kita semua bukan Pemimpin untuk warga yang memilihnya saja. 

Pilkada 9 Desember 2015 hendaknya kita jadikan sebagai ajang untuk memilih Pemimpin yang memiliki visi melayani masyarakat membawa Simalungun lebih maju dan sejahtera ujar Rizal.(Sumber : Suara Simalungun)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments