. MANFAAT SEBUAH TULISAN | BeritaSimalungun
Home » , » MANFAAT SEBUAH TULISAN

MANFAAT SEBUAH TULISAN

Written By Beritasimalungun on Sunday, 13 September 2015 | 19:16

St Jannerson Girsang
Menulis adalah bercerita tentang sesuatu. Seseorang menulis karena ingin menyampaikan informasi yang bermanfaat kepada pembaca.

Sore ini, karena saya ingin mendapatkan tambahan pengetahuan tentang manfaat tulisan serta teknik menulis feature, lalu membaca dua buah buku, Profesional Feature Writing (Bruce Garrison) dan Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature dan Essai (F Rahardi).
Tentunya hanya sepintas, khusus tentang topik yang saya sedang geluti.

Bruce menekankan bahwa menulis itu adalah menceritakan kisah. Pembaca akan dipengaruhi oleh sebuah tulisan. Pembaca belajar dari penulis.

Oleh sebab itu isi tulisan haruslah sesuatu yang belum diketahui pembaca, atau setidaknya mengingatkan mereka kembali tentang apa yang hampir sudah dilupakan.

"You write to tell the stories. Readers can learn from you. They are entertained. They are thrilled. They are saddened. They become informed," kata Bruce Garrison dalam bukunya Profesional Feature Writing.

Bruce mengingatkan saya kembali bahwa setiap tulisan akan mengundang reaksi orang yang membaca. Oleh sebab itu seorang penulis harus memiliki tanggungjawab menulis yang akurat, tepat, hal yang sedang hangat dibicarakan, tentu saja mempertimbangkan manfaatnya bagi pembaca.

Reaksi pembaca bisa: "Kurang ajar, kok tulisan kamu membuatku pusing, kamu menceritakan hal yang tidak benar, mencemarkan nama baik, hatiku penuh ketakutan setelah membaca tulisan kamu". Atau, penulis berterima kasih karena memperoeh manfaat. "Terima kasih". Atau sama sekali tidak berkomentar apa-apa, karena "hambar dan tak ada informasi baru".

Itu bisa terjadi pada kita semua, khususnya yang suka orat-oret di FB. Kalau status kita tidak memberi informasi yang dibutuhkan, disenangi,atau dibenci pembaca atau teman, reaksinya pasti seperti di atas.

Kalau begitu mari kita dengar nasehat seorang penulis senior. F Rahardi, seorang jurnalis, dalam bukunya Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature dan Essai, mengatakan sebuah tulisan dianggap memberi azas manfaat kalau bisa menghibur, memberi tambahan pengetahuan, mendidik, memberi ketrampilan, mendatangkan pencerahan, memberi arahan, memecahkan masalah, mendatangkan prestise dan lain-lain.

Membaca buku Bruce Garrison, Profesional Feature Writing saya memperoleh tambahan pengetahuan, ketrampilan, pencerahan, arahan, memecahkan kesulitan saya menjelaskan penulisan feature, dan tentunya memperoleh prestise juga karena saya bisa menceritakan sesuatu yang sebagian Anda belum tau.

Buku Bruce Garrison dan F Rahardi begitu mengesankan dan mendorong saya menceritakan pengalaman membaca saya sore ini kepada Anda. Sebuah prestise tokh?

Reaksi saya sore ini. "Terima kasih Bruce, terima kasih F Rahardi, buku kamu sudah membuatku tambah pintar" . Menulislah, boboti tulisan Anda manfaat bagi pembaca Anda! (St Jannerson Girsang)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.