Info Terkini

10/recent/ticker-posts

MANFAAT SEBUAH TULISAN

St Jannerson Girsang
Menulis adalah bercerita tentang sesuatu. Seseorang menulis karena ingin menyampaikan informasi yang bermanfaat kepada pembaca.

Sore ini, karena saya ingin mendapatkan tambahan pengetahuan tentang manfaat tulisan serta teknik menulis feature, lalu membaca dua buah buku, Profesional Feature Writing (Bruce Garrison) dan Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature dan Essai (F Rahardi).
Tentunya hanya sepintas, khusus tentang topik yang saya sedang geluti.

Bruce menekankan bahwa menulis itu adalah menceritakan kisah. Pembaca akan dipengaruhi oleh sebuah tulisan. Pembaca belajar dari penulis.

Oleh sebab itu isi tulisan haruslah sesuatu yang belum diketahui pembaca, atau setidaknya mengingatkan mereka kembali tentang apa yang hampir sudah dilupakan.

"You write to tell the stories. Readers can learn from you. They are entertained. They are thrilled. They are saddened. They become informed," kata Bruce Garrison dalam bukunya Profesional Feature Writing.

Bruce mengingatkan saya kembali bahwa setiap tulisan akan mengundang reaksi orang yang membaca. Oleh sebab itu seorang penulis harus memiliki tanggungjawab menulis yang akurat, tepat, hal yang sedang hangat dibicarakan, tentu saja mempertimbangkan manfaatnya bagi pembaca.

Reaksi pembaca bisa: "Kurang ajar, kok tulisan kamu membuatku pusing, kamu menceritakan hal yang tidak benar, mencemarkan nama baik, hatiku penuh ketakutan setelah membaca tulisan kamu". Atau, penulis berterima kasih karena memperoeh manfaat. "Terima kasih". Atau sama sekali tidak berkomentar apa-apa, karena "hambar dan tak ada informasi baru".

Itu bisa terjadi pada kita semua, khususnya yang suka orat-oret di FB. Kalau status kita tidak memberi informasi yang dibutuhkan, disenangi,atau dibenci pembaca atau teman, reaksinya pasti seperti di atas.

Kalau begitu mari kita dengar nasehat seorang penulis senior. F Rahardi, seorang jurnalis, dalam bukunya Panduan Lengkap Menulis Artikel, Feature dan Essai, mengatakan sebuah tulisan dianggap memberi azas manfaat kalau bisa menghibur, memberi tambahan pengetahuan, mendidik, memberi ketrampilan, mendatangkan pencerahan, memberi arahan, memecahkan masalah, mendatangkan prestise dan lain-lain.

Membaca buku Bruce Garrison, Profesional Feature Writing saya memperoleh tambahan pengetahuan, ketrampilan, pencerahan, arahan, memecahkan kesulitan saya menjelaskan penulisan feature, dan tentunya memperoleh prestise juga karena saya bisa menceritakan sesuatu yang sebagian Anda belum tau.

Buku Bruce Garrison dan F Rahardi begitu mengesankan dan mendorong saya menceritakan pengalaman membaca saya sore ini kepada Anda. Sebuah prestise tokh?

Reaksi saya sore ini. "Terima kasih Bruce, terima kasih F Rahardi, buku kamu sudah membuatku tambah pintar" . Menulislah, boboti tulisan Anda manfaat bagi pembaca Anda! (St Jannerson Girsang)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments