Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pembangunan Puskesmas Asal Jadi, Warga Haranggaol Protes

Bangunan Puskesmas dalam kondisi dikerjakan.
Bangunan Puskesmas dalam kondisi dikerjakan.
BERITASIMALUNGUN.COM, Haranggaol-Warga Haranggaol protes kepada rekanan karena pembangunan Puskesmas Haranggaol yang berada di jalan besar Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun dibuat asal jadi.

Pengerjaannya diduga tak sesuai dengan bestek. Parahnya, anggaran yang seharusnya diketahui oleh warga tak dipampangkan di plank proyek. Alhasil, sumber dan besaran dana tak diketahui alias tak transparan.

Salah satu yang dikhawatirkan warga adalah tidak adanya ‘penulangan’ dalam penyambungan gedung baru, yang bisa saja membuat bangunan tidak kuat dan roboh.

“Kami khawatir akan roboh, terlebih daerah ini adalah pesisir yang setiap harinya ada angin kencang, ” kata Bindu Saragih, selaku warga di Kelurahan Haranggaol, Kamis (24/9/2015) melalui selulernya.

Saragih juga bingung kenapa pembangunan puskesmas itu tak memasang plank proyek, seperti ada yang disembunyikan dari warga.

“Kita tak pernah menghalangi pembangunan untuk masyarakat. Akan tetapi, hendaknya pembangunan tersebut mengacu kepada yang terbaik. Ini selesai dibangun, sarana dan prasana itu, beberapa bulan kemudian sudah tampak rusak. Apakah ini, yang dinamakan perbaikan pelayanan,” kesalnya.


Selaku warga, imbuh dia, wajar memberikan penilaian pembangunan puskesmas itu tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Karena, yang menjadi korban nantinya jika bangunan kenapa-kenapa, warga juga yang kena dampaknya.
 
“Kalau roboh, kan masyarakat yang menjadi korban. Jadi kita selalu berharap kepada Pemkab Simalungun untuk selalu melakukan pengawasan agar pembangunan sarana dan prasana, agar lebih baik dan berkualitas,” tegasnya.


Sementara Kepala Puskesmas, dr Sunarlina Saragih melalui selulernya mengatakan, pembangunan puskesmas tersebut sudah sesuai dengan acuan yang berlaku.

“Kalau mengenai anggaran tanya aja ke Dinas Kesehatan, karena mereka yang tahu mengenai anggaran. Memanglah masyarakat ini susah, dibangun salah tak dibangun salah juga,” kata br Saragih.(Manson Purba)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments