. Basarnas Temukan Sepatu Diduga Milik Penumpang Heli Jatuh di Danau Toba | BeritaSimalungun
Home » , , » Basarnas Temukan Sepatu Diduga Milik Penumpang Heli Jatuh di Danau Toba

Basarnas Temukan Sepatu Diduga Milik Penumpang Heli Jatuh di Danau Toba

Written By Beritasimalungun on Thursday, 22 October 2015 | 06:59

KORBAN HIDUP FRANSISKUS SAAT DIEVAKUASI

BERITASIMALUNGUN.COM, Simalungun-Tim Basarnas di Posko Onan Runggu, Kabupaten Samosir, menemukan sepatu bagian kanan di perairan Danau Toba kawasan Kecamatan Sitio-tio, Rabu, yang diduga milik penumpang helikopter.


Sepatu berwarna coklat tersebut bermerk Hush Pupies dengan nomor kaki 43 yang diduga milik penumpang helikopter EC 130 yang jatuh di perairan Danau Toba pada 11 Oktober 2015.

Kepala Kantor SAR Sumatera Utara Rochmali mengatakan, meski tim SAR gabungan telah dibubarkan, pihaknya tetap menempatkan tim kecil di Posko Onan Runggu.

"Kita tetap melakukan pemantauan, penyisiran, dan evaluasi, termasuk penemuan sepatu tersebut," kata Rochmali.

Selama pencarian 10 hari, telah ditemukan penumpang selamat atas nama Fransiskus Subihardayan dan sepatu bagian kanannya, sandaran kursi heli, dan tumpahan minyak diduga avtur.

Penemuan itu tersebar di sejumlah lokasi, sedangkan lokasi pencarian dibagi enam zona atau sektor yang ada di Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Simalungun.

AKHIRI PENCARIAN

Basarnas mengakhiri pencarian Helikopter EC 130, Selasa sore, setelah melakukan penyisiran perairan Danau Toba di wilayah Kabupaten Samosir, Toba Samosir dan Tapanuli Utara selama kira-kira enam jam.


"Operasi SAR gabungan tidak efektif lagi," sebut Direktur Operasional Latihan Basarnas, Mayjen TNI Mar Ivan Ahmad Rizki Titus.

Menurut Ivan, pencarian telah dilakukan selama 10 hari sesuai standar operasional, dan tidak ada perkembangan baru.

"Selanjutnya tim kecil melakukan pemantauan dan kesiapsiagaan di lokasi terjadinya musibah," ujar Ivan.

Ivan mengatakan, tim gabungan telah bekerja maksimal dalam kondisi alam dan cuaca yang tidak mendukung, seperti kabut asap, dan kedalaman danau yang tidak terprediksi.

Dandim 0206/Taput, Letkol Baginta berpesan kepada jajaran koramil, kepolisian sektor dan masyarakat menjalin koordinasi.

"Laporkan segera jika ada temuan benda bagian dari heli atau penumpang," kata Baginta.

Baginta menyampaikan apresiasi terhadap tim, masyarakat dan jurnalis yang turut andil membantu personil dalam pencarian heli tersebut.

Heli carteran ini jatuh di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada Minggu, 11 Oktober 2016, dan dalam pencarian ditemukan penumpang selamat atas nama Fransiskus Subihardanya.

Nelayan juga menemukan dua sandaran kursi heli di dua tempat berbeda, sepatu sebelah kanan milik Fransiskus, ada tumpahan minyak yang diduga avtur.

Kepala Kantor SAR Sumatera Utara, Rochmali menjelaskan, tim telah menyisir enam zona perairan Danau Toba di wilayah Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Humbahas, Tapanuli Utara dan Simalungun. (AN)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.