. FITRA Sumut Siapkan Kelas Antikorupsi Anggaran | BeritaSimalungun
Home » , , » FITRA Sumut Siapkan Kelas Antikorupsi Anggaran

FITRA Sumut Siapkan Kelas Antikorupsi Anggaran

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 20 October 2015 | 16:02

Direktur Eksekutif Fitra Sumatera Utara Rurita Ningrum | Foto: ST

BERITASIMALUNGUN.com, Medan-Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran Sumatera Utara menyiapkan kelas untuk pembelajaran mengenai antikorupsi terhadap penyusunan dan pengelolaan anggaran.


"Sekarang, kami sedang mematangkan modulnya. Pada 2016 nanti kelasnya akan dibuka," kata Direktur Eksekutif Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sumut Rurita Ningrum di Medan, Selasa.

Menurut Rurita, tindak pidana korupsi paling banyak terjadi dalam penyusunan dan pengelolaan anggaran yang berkaitan langsung dengan pengelolaan keuangan negara.

Karena itu, pihaknya mengajak seluruh pihak yang peduli dengan antikorupsi untuk belajar dan berdiskusi mengenai upaya pencegahan dan pengawasan dalam penyusunan dan pengelolaan anggaran.

"Semua orang yang mau belajar, akan kita ikut. Baik dosen, anggota dewan, PNS, mahasiswa, mau pun wartawan," ucapnya, menegaskan.

Ia menjelaskan, modul antikorupsi tersebut berkaitan dengan tata cara penyusunan, pengelolaan, dan pertanggungjawaban anggaran yang dilakukana instansi pemerintah.

Dengan cara itu, masyarakat dapat memantau langsung pengelolaan angaran sejak awal sehingga memperkecil peluang terjadinya penyalahgunaan dan penyelewenangan karena banyak yang dapat mengawasi.

Fitra Sumut sengaja menyebarluaskan pengetahuan tentang pengawasan dalam penyusunan dan pengelolaan anggaran tersebut agar pengawasan yang dilakukan bersifat masif.

"Kalau Fitra saja yang kritis, nanti ada tudingan miring. Nanti dituduh Fitra Sumut kritis karena tidak dapat 'bagian'," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan mengajak kalangan akademisi untuk terlibat dalam kelas tersebut agar lebih memahami tentang proses penyusunan dan pengelolaan anggaran.

Meski bergelut dengan dunia akademis, tetapi tidak dipungkiri jika banyak dosen yang kurang memahami proses penyusunan dan pengelolaan anggaran.

Karena itu, tidak sedikit juga dosesn di Sumut yang hanya mengetahui pristiwa korupsi tanpa mengetahui proses sejak awal, terutama dalam penyusunan anggaran.

"Beberaapa dosen sudah bersedia (ikut kelas itu), tetapi masih mengatur waktu. Sifatnya bukan perkuliahan, tetapi praktik langsung sehingga bisa memahami dengan cepat," tukas Rurita.(ANT)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.