Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kapal Masyarakat Dikerahkan Cari Helikopter Hilang di Danau Toba

IST

BERITASIMALUNGUN.COM, Medan-Jumlah kapal motor penumpang milik masyarakat di Kabupaten Samosir bertambah untuk mencari helikopter tipe EC-130 PK- BKA dan empat penumpang yang hilang di perairan Danau Toba, Sumatera Utara.


"Sebelumnya kapal motor warga yang menyisir perairan Danau Toba hanya dua unit, namun saat ini menjadi 14 unit dan jumlahnya cukup banyak," kata Kapendam I/Bukit Barisan Kol Inf Enoh Solehuddin.

Menurut dia, Partisipasi masyarakat Samosir mengerahkan kapal milik pribadi mereka mencari empat penumpang helikopter yang belum ditemukan itu, cukup tinggi.

"Hal ini dibuktikan dengan diturunkannya 16 unit kapal penumpang ikut mengitari pinggiran kawasan Danau Toba tersebut," ujar Enoh.

Dia menjelaskan, tim gabungan terdiri dari TNI AL, TNI AD, Polri, Basarnas menemukan seorang penumpang helikopter selamat, Fransiskus Subihardayan (22) warga Dusun Tegal Bojan, Sleman, Yogyakarta.

Fransiskus ditemukan disela-sela tanaman enceng gondok di perairan Danau Toba atau sekitar lima mil dari Desa Sitinjak, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir, Selasa (13/10) sekitar pukul 13.00 WIB.

Kapendam menambahkan, jumlah kapal yang diturunkan sebanyak 25 unit, yakni tiga kapal TNI AD, tiga kapal TNI AL, tiga kapal Polri, dan 16 kapal masyarakat yang selama ini digunakan untuk mengangkut penumpang dari Parapat tujuan Samosir.

"Kodam I/BB juga mengerahkan sebanyak 500 prajurit TNI AD, yakni dari Batalyon 122/Tombak Sakti, Batalyon 125/Simbisa, Batalyon 123/Rajawali, personel Kodim 0210/Tapanuli Utara, Korem 023/Kawal Samudera, dan Kodim 0207/ Simalungun Korem 022/Pantai Timur," katanya.

Sebelumnya, helikopter milik PT Penerbangan Angkasa Semesta (PAS), Minggu (11/10) sekitar 11.30 WIB terbang dari Siparmahan, Kabupaten Samosir menuju Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Helikopter tersebut dikemudikan pilot Teguh Mulyatno dan seharusnya tiba di Bandara Kualanamu pukul 12.23 WIB.

Namun kenyataannya helikopter dengan tipe EC-130 PK- BKA yang diisi teknisi Heri Purwantono dan tiga penumpang Nurharayanto, Sugianto dan Fransiskus Subihardayan hilang kontak sebelum tiba di Bandara Kualanamu.

Berdasarkan laporan masyarakat, helikopter tersebut terlihat Minggu (11/10) pukul 14.30 WIB berputar-putar di sekitar wilayah Tarabunga, 15 Km dari Silangit. (ANT)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments