Info Terkini

10/recent/ticker-posts

POKTAN BAWANG BINAAN BI PEMATANGSIANTAR PANEN RAYA

BERITASIMALUNGUN.COM, Haranggaol-Kelompok Tani "Sapanriah" di Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, binaan Bank Indonesia Perwakilan Pematangsiantar mengadakan panen raya, Rabu.


Dari lokasi demontrasi plot (demplot) bawang merah itu, rata-rata menghasilkan 18 ton per hektare atau lebih tinggi dari kabupaten lainnya.

Menurut Kepala BI Pematangsiantar Elly Tjan, pembinaan petani yang telah mencapai 10 kelompok itu dalam upaya mengembalikan Kecamatan Haranggaol Horison sebagai penghasil bawang merah.

"Sudah 10 tahun bawang merah tidak tumbuh lagi di Haranggaol, sehingga masyarakat beralih ke tanaman cengkeh dan lainnya," kata Elly.

Dengan melakukan pendampingan bekerja sama dengan Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara, petani di daerah itu kembali menanam bawang.

Kepala BI Provinsi Sumatera Utara Difi A Johansyah berjanji akan mengupayakan untuk memfasilitasi penangkaran benih dan penyiapan gudang pascapanen.

Difi menyebutkan, berdasarkan data publikasi BPS Sumatera Utara, penghasil bawang merah terbesar adalah Kabupaten Simalungun dengan produksi 1.602 ton, disusul Kabupaten Dairi dan Samosir.

"Harapan kita, petani di Harangaol terus maju dan berbagi ilmu kepada sesama petani sesuai kemajuan teknologi," kata Diffi.

Pada kesempatan ini, BI Pematangsiantar menyerahkan bantuan sarana produksi berupa bibit, pupuk, obat-obatan, mulsa, dan selang kepada Poktan Haroan Bolon dan Barigis. (Ant)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments