Info Terkini

10/recent/ticker-posts

SAR Fokuskan Pencarian Heli Jatuh di Danau Toba di Porsea dan Balige

KORBAN FRANSISKUS YANG SELAMAT

BERITASIMALUNGUN.com, Mandailing-Tim SAR gabungan TNI AD, TNI AL, Polri dan Basarnas memfokuskan pencarian helikopter tipe EC-130 PK- BKA yang hilang, serta dilaksanakan di perairan Porsea- Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.


"Penyisiran pada hari ini di daerah perairan Toba Samosir," kata Kapendam I/Bukit Barisan Kol Inf Enoh Solehuddin. Pada hari-hari sebelumnya, menurut dia, pencarian juga difokuskan di wilayah perairan Nainggolan dan onan Runggu, Kabupaten Samosir.

"Pencarian di Porsea dan Balige itu, masih berada dalam kawasan Danau Toba, serta tim SAR mengerahkan 17 unit kapal," kata Kolonel Inf Enoh.

Dia menjelaskan, walaupun kabut asap masih tetap menyelimuti kawasan Danau Toba itu, namun tidak menyurutkan semangat prajurit TNI maupun Polri mencari empat lagi penumpang yang belum ditemukan.

"Pencarian yang yang memasuki hari ke-5 ini, masih tetap semangat dilakukan tim SAR gabungan tersebut," katanya.

Kapendam menambahkan, Kodam I/BB mengerahkan sebanyak 500 prajurit TNI AD, yakni dari Batalyon 122/Tombak Sakti, Batalyon 125/Simbisa, Batalyon 123/Rajawali, personel Kodim 0210/Tapanuli Utara, Korem 023/Kawal Samudera, dan Kodim 0207/ Simalungun Korem 022/Pantai Timur.

Sebelumnya, penumpang helikopter yang selamat, yakni Fransiskus Subihardayan (22) warga Dusun Tegal Bojan, Sleman, Yogyakarta, ditemukan tim SAR gabungan Selasa (13/10) pukul 13.00 WIB disela-sela tanaman eceng gondok di perairan Danau Toba.

Lokasi tersebut berada di Desa Sitinjak atau sekitar lima mil dari Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir.

Helikopter milik PT Penerbangan Angkasa Semesta (PAS) terbang Minggu (11/10) sekitar pukul 11.00 WIB dari Sihotang, Kabupaten Samosir tujuan Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang.

Jika tidak ada halangan, helikopter yang dikemudikan pilot Teguh Mulyatno akan tiba di Bandara Kualanamu pada pukul 12.23 WIB.

Namun ternyata helikopter dengan tipe EC-130 PK-BKA yang diisi teknisi Heri Purwantono dan tiga penumpang Nurhayanto, Sugianto, dan Fransiskus Subihardayan hilang kontak sebelum tiba di Bandara Kualanamu.

Sementara, berdasarkan laporan masyarakat, helikopter tersebut terlihat Minggu (11/10) pada pukul 14.30 WIB dan berputar-putar di sekitar wilayah Tarabunga, 15 Km dari Silangit. (Ant)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments