Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Debat Publik Paslon Bupati Simalungun Tak Memuaskan Publik

Kelima Paslon Pilkada Simalungun yakni Tumpak Siregar SH/Irwansyah Damanik SE, Evra Sassky Damanik SSos/Sugito, Hj Nuriaty Damanik SH/Posman Simarmata, DR JR Saragih SH MM/Ir Amran Sinaga MSi, Lindung Gurning/Soleh Saragih.
BERITASIMALUNGUN.COM, Parapat-Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Simalungun periode 2015-2020  telah selesai mengikuti debat publik yang dilaksanakan di Hotel Patarajasa-Parapat, Selasa (17/11/2015). Adapun kelima paslon tersebut yakni Tumpak Siregar SH/Irwansyah Damanik SE, Evra Sassky Damanik SSos/Sugito, Hj Nuriaty Damanik SH/Posman Simarmata, DR JR Saragih SH MM/Ir Amran Sinaga MSi, Lindung Gurning/Soleh Saragih. (Baca: Ratusan Personil Disiagakan)

Pantauan menunjukkan, pertanyaan yang dilontarkan Panelis kurang dikuasai masing-masing Paslon dan terkesan emosional merespon pertanyaan antar Paslon. Poin yang ditanyakan ada beberapa hal, misalnya Pariwisata, Seimangke, Kehutanan dan Pelayanan publik.

Ada hal yang unik dari kelima paslon itu. Lindung Gurning tidak didampingi Cawabupnya. Ketika ditanya Paslon lainnya, Lindung meresponnya dengan emosional, dan jawabannya mengambang. Begitu juga dengan Cabup Nuryati Damanik dan JR Saragih.

Menurut keterangan salah seorang undangan yang ikut dalam rombongan salah satu Paslon, debat publik itu tidak bermutu dan terkesan asal-asalan. “Asal-asalan pun lae, tak ada kuwalitas semua Paslon,” ujar Pria bermarga Saragih ini.

Selum kegiatan dimulai, Sekretaris KPUD Kabupaten Simalungun James Andohar Siahan mengatakan, thema debat yaitu pelayanan publik.

“Maka melalui debat ini, program-program dari kelima kandidat bisa terimplementasi kedepanya,” kata James.

Ada empat Panelis yang diundang yang berlatarbelakang Akademisi. Mereka adaalah Prof Dr. Monang Sitorus dari universitas Nommensen Medan, Dr Robert Siregar Direktur Pasca Sarjana USI, Dr Hendra Harahap USU Medan, dan moderatur Ahmat Topan dari USU.

“Durasi satu jam untuk debat kelima pasangan calon dan Terfokus dipelayanan publik, sesuai dengan tema kita,” ujarnya.

Masing-masing pertanyaan dari Panelis akan diajukan ke peserta dan sesama paslon akan saling tanya jawab.

Sebut James lagi, para pendukung dari kelima paslon akan dibatasi yang diberikan masuk ada 30 orang dan diluar gedung ada 20 orang.

“Untuk pengamanan dari Polres Sinalungun, ada hingga 300 personil. Kita hanya mengundang Deskpilkada dan Plh Bupati. Acara ini akan live di Televisi Nasional,” terang James. (Manson Purba)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments