. Anies Baswedan: Jangan Buat Ibu Lahirkan Calon Koruptor | BeritaSimalungun
Home » , » Anies Baswedan: Jangan Buat Ibu Lahirkan Calon Koruptor

Anies Baswedan: Jangan Buat Ibu Lahirkan Calon Koruptor

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 22 December 2015 | 21:37

Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, saat memberikan pesan hari ibu di depan gedung KPK. (Foto: Febriana DH)

BERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta-Bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu, Selasa (22/12), Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama para kepala sekolah dari berbagai daerah di Indonesia sebagai perwakilan dari percontohan sekolah berintegritas.

Setelah mempresentasikan alat ukur terbaru dari Kementerian yang dipimpinnya mengenai penilaian integritas sekolah di depan Ketua Umum KPK, Agus Rahardjo, Anies memberikan pandangannya mengenai wajah pendidikan di Indonesia saat ini.

“Yang sekarang terjadi, potretnya masih banyak sekolah yang berada di kuadran bawah, artinya, hal buruk (tindak korupsi) yang akan diurus kantor ini (KPK) masih akan jalan terus karena masih sangat banyak sekolah dengan integritas rendah. Kita ingin mulai tahun depan anak-anak kita integritasnya tinggi, minimal saat Ujian Nasional (UN). Namun, agar hal ini terwujud, harus sesegera mungkin pentingnya integritas sekolah ini disosialisasikan dan dibiasakan,” kata Anies kepada satuharapan.com di depan gedung KPK.

Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini sedang berfokus pada tingkat integritas sekolah karena dipandang sangat penting dan krusial dalam menentukan masa depan generasi penerus bangsa.

Anies melihat bahwa dinas pendidikan, guru, dan kepala sekolah masih banyak yang berlaku curang dengan membagikan kunci-kunci jawaban ketika berlangsungnya UN sehingga murid-murid mendapatkan nilai yang tinggi. “Ini yang harus dihentikan, selama ini yang selalu dikejar oleh sekolah adalah prestasi akademik dengan menghalalkan segala cara,” Anies menambahkan.

“Data dari alat ukur integritas tersebut nantinya akan kita tunjukkan ke setiap kota dan sekolah di Indonesia. Jadi, pada akhirnya semua orang tua akan mengetahui dengan jelas nilai integritas sekolah, sehingga mereka akan hanya mendorong anaknya bersekolah di sekolah yang memiliki nilai integritas baik dan tinggi. Hal ini sekaligus merupakan sanksi sosial bagi sekolah yang tidak menggubris penilaian integritas ini. Ke depan, sanksi yang sah akan ada bagi sekolah-sekolah nakal, karena sampai saat ini belum ada sanksi yang membuat jera dalam hal ini. Kami masih terus menguji dan menggodok hal ini agar segera paten dan bermanfaat bagi pendidikan di Indonesia ke depannya,” ujar Anies.

Selain memberikan pandangan mengenai wajah pendidikan Indonesia, Anies juga memberikan pesan Hari Ibu.

“Rahim ibumu bukanlah tempat pernah bersarangnya calon koruptor. Hari Ibu harus digunakan para ibu dalam mengingatkan anak-anaknya,” kata Anies.

“Jangan kau korupsi, karena kalau kau korupsi maka rahim ibumu jadi tempat lewatnya calon koruptor. Jangan buat ibumu sebagai orang yang melahirkan koruptor. Ini harus menjadi pesan Hari Ibu yang begitu kuat di tengah-tengah masyarakat saat ini, bahwa ibu tidak ingin melahirkan seorang koruptor,” pesan Anies Baswedan menutup pembicaraan. (Sumber: SatuHarapan.com)

Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.