. Jokowi: ini Pengalaman Pertama, Ikuti Pilkada Serentak | BeritaSimalungun
Home » , » Jokowi: ini Pengalaman Pertama, Ikuti Pilkada Serentak

Jokowi: ini Pengalaman Pertama, Ikuti Pilkada Serentak

Written By Beritasimalungun on Monday, 7 December 2015 | 21:59

http://img1.beritasatu.com/data/media/images/medium/1394544735.jpgBERITASIMALUNGUN.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh rakyat di 269 daerah berpartisipasi positif pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada Rabu 9 Desember 2015.

“"Ini pengalaman pertama Pilkada serentak. Saya mengimbau rakyat Indonesia di 269 daerah dapat berpartisipasi aktif menggunakan hak pilih sebaiknya,” kata Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/12).

“Jangan lupa datang ke TPS jangan lupa memilih pemimpin yang ditentukan saudara sendiri atau rakyat sendiri.”

Dia juga secara khusus memerintahkan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Badrodin Haiti dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan situasi keamanan Pilkada berjalan baik.

"Saya mengimbau semua pihak tertib, sejuk. Dan, ini adalah kegembiraan politik, mari kita meriahkan bersama," katanya.

Dia mengatakan bagi pasangan calon yang menang agar jangan jemawa. Demikian juga, bagi yang kalah agar tidak kecewa dan mengamuk.

"Bila ada perbedaan dengan hasil pemilihan bisa diselesaikan secara demokratis, damai, dan dewasa sesuai jalur yang diatur Undang Undang," kata Presiden Jokowi.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan angka partisipasi pemilih 77,5% pada pilkada. Sejumlah pihak optimistis target tersebut dapat terwujud.

“Saya mengamati antusiasme memilih beda dengan masa lalu. Saya optimistis partisipasi pemilih bisa tinggi,” kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Sumarsono, Senin (7/12).

Dia menyatakan, kurangnya alat peraga kampanye di daerah tidak akan begitu memengaruhi antusiasme masyarakat.

"Alat peraga itu tidak signifikan mempengaruhi partisipasi masyarakat untuk memilih di pilkada. Dulu memang jor-joran lalu kelihatan ramai. Sekarang tidak ramai, tapi pasangan calon langsung berinteraksi dengan masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan, tidak adanya putaran kedua dalam pilkada, juga bakal melecut pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah bersosialisasi. Tujuannya tentu agar dapat meraup dukungan signifikan dari masyarakat.

“Selisih satu suara akan menjadi penentu kemenangan. Calon saat ini lebih intensif mendatangi pemilih. Ada beberapa yang sudah memesan tranportasi untuk melakukan penjemputan saat pencoblosan. Jadi orang-orang akan berbondong-bondong datang,” imbuhnya. (BeritaSatu.com)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.