. PENUNDAAN PEMUNGUTAN SUARA PEMILUKADA SIMALUNGUN SANGAT TEPAT! | BeritaSimalungun
Home » , » PENUNDAAN PEMUNGUTAN SUARA PEMILUKADA SIMALUNGUN SANGAT TEPAT!

PENUNDAAN PEMUNGUTAN SUARA PEMILUKADA SIMALUNGUN SANGAT TEPAT!

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 9 December 2015 | 12:40

Kurpan Sinaga
BERITASIMALUNGUN.COM-Sebuah pandangan dari sisi hukum utk pemilu yg berkualitas dan keabsahannya tdk diragukan. Sy kira yg terjadi di Simalungun dan siantar saat ini masih dlm koridor hukum. Kita hrs menyambut positis putusan sela PTUN ini. 

Sungguh, setelah KPU Simalungun menetapkan pembatalan paslon no 4 dlm hati sy bergejolak bg mana legalitas atau keabsahan pilkada Simalungun. 

Wanti-wanti saya ttg potensi diragukannya legalitas pilkada Simalungun bahkan sdh muncul setelah diberitakannya status hukum Amran yg sdh keluar dan ikrah. Maka sy posting di wal sy apakah KPU akan ambil keputusan membatalkan paslon no 4 atau tdk. Kalau saja paslon no 4 tdk dibatalkan, bg mana dg ketentuan PKPU No 9 th 2015 pasal 88b? Kenyataannya pasal tsb sdh dipenuhi, namun ada perlawanan hukum dari paslon no.4.

Kemudian, kalau saja pemungutan suara tetap dilaksanakan, katakan umpamanya tdk ada gugatan paslon no 4, jelas pilkada ini kacau. Bg mana tdk kacau, peserta pilkada ada 4 paslon tetapi surat suara memuat 5. Belum lagi sosialisasi tdk ikunya paslon no 4, apa acuannya? Memberi penjelasan di TPS, apa pegangannya? Apakah petugas TPS memiliki kemampuan yg sama utk memberi penjelasan? Ini juga mengundang kekacauan pikiran pemilih. Ini membawa sejumlah dampak hukum, mulai dari aspek legalitas hingga kualitas pilkada yg terganggu.

Alasan tdk sempat mengganti surat suara krn pembatalan hanya dua hari sebelum pemungutan suara sehingga org yg bukan calonpun ada dalam dokumen surat suara...sungguh tdk bisa dibenarkan. 

Begitu juga sejumlah dokumen-dokumen resmi lainnya yg sdh diformat dgn lima pasang calon akan kacau dan dipertanyakan keabsahannya. 

Oleh krn itu jalan yg tepat adalah menunda pemungutan suara dgn maksud: 1. Memberikan hak hukum bagi yg dirugikan atas pembatalan dirinya. 

Mari kita tunggu putusan PTUN yg berkekuatan hukum tetap apakah pembatalan paslon no 4 dibatalkan PTUN atau disahkan. 2. Memastikan seluruh dokumen pilkada hanya memuat calon yg ditetapkan.

Dgn demikian penundaan ini adalah kepentingan semua pihak, termasuk 4 paslon lainnya. Krn siapapun pemenang diantara 4 ini nanti (atau no 4 juga lalau diterima PTUN) tdk ada yg mau kemenangannya dipertanyakan keabsahannya. 

Satu yg perlu diperhatikan adalah putusan PTUN ini adalah putusan sela, belum memasuki pokok perkara. Putusan sela ini lumrah, bisa memberi penetapan menunda pelaksanaan suatu keputusan TUN. Keputusan yg substansial kita nantikan dlm waktu yg sesingkat-singkatnya. (Kurpan Sinaga)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.