Info Terkini

10/recent/ticker-posts

KPU RI Tinjau Proses Pilkada Susulan Simalungun

BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Husni Kamil Manik meninjau pemungutan suara dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Simalungun, Rabu (10/2/2016).

Bersama Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, Husni Kamil meninjau TPS 3 Desa Perdagang 1, Kecamatan Bandar, TPS 10, Desa Kerasaan 1, Kecamatan Pematang Bandar, serta TPS 4 dan TPS 5, Desa Wonorejo, Kecamatan Pematang Bandar.

Kemudian, dilanjutkan ke TPS 15, Desa Serbelawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar dan TPS 3 Desa Naga Jaya 1, Kecamatan Bandar Huluan.

Dalam peninjauan itu, Husni Kamil mempertanyakan kendala yang dialami petugas Komite Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).
Kemudian, mempertanyakan posisi duduk saksi untuk memastikan saksi dapat melihat kemungkinan adanya surat suara yang rusak atau telah dicoblos.

Ia juga memotivasi seluruh petugas KPPS untuk menjalankan tugas dengan baik dan netral guna memastikan penyelenggaraan pilkada yang jujur dan adil.

Usai peninjauan, Husni Kamil mengatakan, peninjauan tersebut telah dilakukan sejak Selasa (9/2), guna mengetahui persiapan di TPS dan persiapan akhir oleh KPU Simalungun.

Dari peninjauan ke beberapa TPS tesebut, pihaknya tidak ada menemukan kendala berarti yang perlu menjadi perhatiaan serius dan dapat menghambat penyelenggaraan pilkada.

Karena itu, kesuksesan penyelenggara Pilkada Simalungun yang diikuti lima pasangan calon tersebut, tinggal hanya bergantung pada tingkat partisipasi masyarakat.

"Sekarang tergantung masyarakat karena negara sudah menjamin hak-haknya terfasilitasi," ujar Husni yang juga didampingi Ketua KPU Simalungun Adelbert Damanik.

Menurut catatan, Pilkada Simalungun diikuti lima pasangan calon yakni, Tumpak Siregar-Irwansyah, Evra Sassky Damanik-Sugito, Hj Nuriaty Damanik-Posma Simarmata, JR Saragih-Amran Sinaga, dan Lindung Gurning-Soleh Saragih. (Anlee)


Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments