. Ini Kebutuhan Destinasi Wisata Prioritas Danau Toba | BeritaSimalungun
Home » , , » Ini Kebutuhan Destinasi Wisata Prioritas Danau Toba

Ini Kebutuhan Destinasi Wisata Prioritas Danau Toba

Written By Beritasimalungun on Friday, 11 March 2016 | 17:47

Pemandangan Danau Toba dari Hotel Niagara, Toba, Sumatera Utara, Sabtu (8/1/2016).YOGA SUKMANA/KOMPAS.com

BERITASIMALUNGUN.COM, Medan-Demi mewujudkan rencana besar Pulau Samosir dan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia, dibutuhkan pengembangan dan peningkatan akses jalan, fasilitas, permukiman, penyediaan air bersih serta berbagai prasarana lainnya.

Untuk aksesibilitas, pemerintah diharapkan dapat membangun jalan tol dari Tebing Tinggi hingga ke Pematang Siantar, serta peningkatan jalan dari Kabanjahe ke Parapat. Demikian halnya peningkatan jalan dari Bandar Udara Silangit ke Danau Toba.

Mengutip situs Kementerian Pariwisata, pembangunan jalan baru, pemeliharaan, pelebaran, rekonstruksi dan rehabilitasi jalan senilai Rp 297,150 miliar.

Pembangunan, pemeliharaan, pelebaran, dan rehabilitasi akses jalan itu dilakukan di Kabupaten Karo, Kabupaten Asahan, dan Kabupaten Tapanuli Utara.


Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) sendiri akan mengambil alih pembangunan dan peningkatan akses jalan ke kawasan wisata tersebut. 

"Saya baru mau ke Danau Toba, mau lihat apa yang harus dibangun di Danau Toba, Pulau Samosir. Ini jalan wisata, saya harus lihat jalan kabupatennya juga, jadi pemerintah pusat membangun wisatanya di mana," ucap Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hediyanto W Husaini, kepada Kompas.com, Selasa (2/3/2016).

Biasanya, kata Hediyanto, obyek wisata dapat diakses melalui jalan kabupaten yang dibiayai pemerintah daerah, bukan jalan nasional yang dibiayai pemerintah pusat.

Namun, karena telah ditetapkan menjadi destinasi wisata strategis, pemerintah pusat akan mengambil alih pembangunan jalan tersebut menjadi jalan nasional.

Kebutuhan vital lainnya adalah pengembangan dan pengelolaan sarana air berupa jaringan irigasi, rawa, waduk, embung, situ dan penampung air lainnya serta penyediaan air baku di beberapa kawasan pendukung. 

Di Kabupaten Tapanuli Utara membutuhkan Rp 76,7 miliar untuk pengembangan sarana air tersebut. Sementara Kabupaten Samosir membutuhkan dana Rp 13 miliar. 

Kemudian, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun masing-masing Rp 10,69 miliar, Rp 21,13 miliar, dan Rp 14,52 miliar. Berikutnya, Kabupaten Toba Samosir mmebutuhkan dana Rp 3 miliar.


Sedangkan untuk pengembangan kawasan permukiman, sistem penyediaan air minum (SPAM) dan penyehatan lingkungan dibutuhkan dana tak kurang dari Rp 110 miliar untuk tujuh kota dan kabupaten.

Ketujuh kota dan kabupaten tersebut adalah Kota Tanjung Balai, Kabupaten Karo, Tapanuli Utara, Pakpak Barat, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, dan Asahan. Sedangkan pembangunan fasilitas Bandar Udara Silangit diperkirakan membutuhkan dana Rp 200 juta.

Berikut video rencana pembangunan Jalan Lingkar Danau Toba di Pulau Samosir:



(Sumber: KOMPAS.com - Penulis: Hilda B Alexander)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.