Home » , » Jaksa Tolak Bukti yang Diajukan di Sidang PK, Maria Sebut Tuntutan ke Amran Tidak Tepat

Jaksa Tolak Bukti yang Diajukan di Sidang PK, Maria Sebut Tuntutan ke Amran Tidak Tepat

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 1 March 2016 | 21:09

Pengadilan Negeri (PN) Simalungun kembali menggelar proses sidang Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Calon Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga, Selasa (1/3/2016). IST http://www.metrosiantar.com)
BERITASIMALUNGUN.COM, Siantar-Pengadilan Negeri (PN) Simalungun kembali menggelar proses sidang Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Calon Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga, Selasa (1/3/2016).

Dalam sidang tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU)  menolak seluruh bukti-bukti permohonan PK yang disampaikan. Tiga orang Jaksa yang ditugaskan Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun yaitu Anggara SH, Ali Akbar SH, Julita Nababan SH, dalam sidang ini mengatakan, bukti-bukti PK yang disampaikan Amran Sinaga merupakan bukti lama.

“Ini tidak ada yang baru dan sudah pernah disampaikan pada persidangan pokok perkara,” kata Jaksa melalui Anggara.

Jaksa juga menegaskan, persoalan yang ditekankan atas masalah ini mengenai peraturan RTRW.

“Semua upaya hukum harus kita hormati. Namun yang jelas yang menjadi poin kita adalah bukan hanya soal SK No. 44, tetapi RTRW. Dan, sampai saat ini Perda RTRW itu masih berlaku, belum dicabut,” terang Ali Akbar.

Menanggapi itu, Amran Sinaga melalui penasehat hukumnya menyampaikan secara lisan bersekukuh tetap dalam permohonan PK yang diajukan. Selain itu, Maria Purba juga menyapaikan pokok masalah yang dituduhkan kepada Amran Sinaga tidak tepat.


“Yang dikeluarkan adalah rekomendasi dan bukan izin. Sementara yang menjadi pokok masalah adalah mengenai surat izin,” ucapnya.

Ketua majelis hakim Tiares Sirait dibantu dua anggota hakim meminta kepada pemohon dan termohon untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan sesuai dengan apa yang disampaikan.


“Tolong Jaksa dan penasehat hukum untuk melengkapinya ya, dan setelah itu kita akan kirimkan ini ke MA,” kata Tiares Sirait. 

Share this article :

Post a Comment