}); Polres Simalungun Gelar Latihan Pembinaan Jasmani Penerimaan Anggota Polri | BeritaSimalungun
Home » , » Polres Simalungun Gelar Latihan Pembinaan Jasmani Penerimaan Anggota Polri

Polres Simalungun Gelar Latihan Pembinaan Jasmani Penerimaan Anggota Polri

Written By Beritasimalungun on Sunday, 20 March 2016 | 06:27

ILUSTRASI-OLAHRAGA BERSAMA POLRES SIMALUNGUN DAN TNI
BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Latihan pembinaan jasmani bagi pemuda-pemudi yang berminat menjadi peserta penerimaan anggota Polri T.A. 2016, Sabtu (19/3/2016) pukul 09.00 wib bertempat di lapangan olah raga Asrama Polisi (Aspol) Polres Simalungun digelar Bagian Sumber Daya (Bag Sumda) Polres Simalungun.
 
Pada kesempatan tersebut, Kabag Sumda Polres Simalungun Kompol J Girsang S.IP dan Paur Lat Bag Sumda Polres Simalungun Aiptu J Simanjuntak serta para intruktur pelatihan memberikan gambaran dan motivasi untuk bekal kepada para peserta tentang tahapan-tahapan tes seleksi penerimaan anggota Polri. 

Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 78 orang. Saat pelaksanaannya, para peserta tampak serius mengikuti kegiatannya.
 
Pembinaan jasmani yang dilatihkan adalah sebagai berikut :
1.   UKUR TINGGI DAN BERAT BADAN.
      Bertujuan untuk mengetahui tinggi dan berat badan yang ideal.
 
2.   LATIHAN LARI.
      Latihan pertama yaitu 1 kali putaran, sebaiknya lakukan dengan mengelilingi lapangan sepak bola yang berukuran standar 400 meter. Untuk calon peserta pria setidaknya dapat mencapai 6 kali (2400 meter) selama 12 menit dan untuk calon wanita setidaknya mencapai 5 kali (2000 meter). Lakukan latihan lari ini secara rutin agar kemampuan dapat meningkat dari waktu ke waktu.
 
3.   SENAM PEMANASAN.
      Untuk melonggarkan otot-otot agar tidak kaku selama melaksanakan latihan pembinaan jasmani.
 
4.   PUSH UP.
      Gerakan naik turun dengan bertumpu pada kedua tangan dan kaki. Laki-laki bertumpu pada ujung kaki, dan wanita bertumpu pada lutut. Saat turun, badan tidak menyentuh tanah. Saat naik, tangan kembali lurus. Lakukan gerakan secara sempurna, untuk laki-laki setidaknya 35 kali dan 30 kali untuk wanita. Seluruh gerakan dilakukan dalam 1 menit.
 
5.   SIT UP.
      Sit Up adalah gerakan duduk-bangun, bertujuan memperkuat otot perut. Posisi tangan dianyam di belakang kepala. Ketika bangun upayakan sampai mencium lutut. Lakukan gerakan ini minimal 35 kali untuk pria dan 30 kali untuk wanita. Seluruh gerakan dilakukan dalam 1 menit.
 
6.   PULL UP (PRIA) DAN CHINNING (WANITA).
      Latihan ini dengan cara bergantung pada tiang horizontal kemudian menarik badan ke atas sampai dagu melewati tiang itu dan kembali turun sampai tangan lurus. Lakukan latihan ini sebanyak 10 kali, dengan gerakan yang sempurna. 

Lakukan sedikit demi sedikit namun sempurna, dari pada banyak tapi tidak sempurna. Untuk calon wanita lakukan Chinning dengan cara berdiri di depan tiang mendatar, dengan kaki tetap menginjak tanah, kemudian tarik badan ke depan dan kembali ke belakang, lakukan sebanyak 40 kali secara sempurna.
 
7.   SHUTTLE RUN (LARI ANGKA 8).
Lari membentuk angka 8 di antara 2 buah tiang yang berjarak 10 meter sebanyak 3 kali sampai kembali ke tempat start semula. Latihan ini untuk mengukur akselerasi dan kelincahan tiap peserta. Upayakan waktu melaksanakannya tidak lebih dari 20 detik.
 
Bagi adik-adik yang berminat menjadi anggota POLRI, berlatihlah dengan rutin dan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal. Alangkah lebih baik bila adik-adik dapat melebihi batas jumlah yang disebutkan. “SELAMAT BERLATIH DAN SEMOGA SUKSES..!!”. (Syamp)

Share this article :

Post a Comment