Home » , » Panama Paper, Buat Heboh Seluruh Dunia

Panama Paper, Buat Heboh Seluruh Dunia

Written By Beritasimalungun on Friday, 8 April 2016 | 14:57

Berapa Banyak Orang Indonesia di Panama Papers?BERITASIMALUNGUN.COM-Inilah situs Panama Paper yang menghebohkan itu. Menurut Kompas.com, beberapa media menyebut angka 2.961 perusahaan dan orang Indonesia tersangkut skandal Panama Papers.

Dari penelusuran Tempo, angka sebesar itu mengacu pada bocoran dokumen serupa yang dirilis The International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) pada 2013 lalu.

Kabinet Presiden Jokowi sendiri sudah membahas Panama Papers.
Tempo.com hari ini memberitakan bahwa Presiden Joko Widodo masih enggan berkomentar soal skandal perusahaan offshore yang terungkap lewat Panama Papers.

Menurut dia, skandal tersebut menyangkut banyak faktor yang belum selesai dibahas di kabinet.

"Nanti saya sampaikan kalau sudah final," ujar Jokowi kepada Tempo.con, selepas meresmikan Pelabuhan Tobelo di Halmahera Utara, Rabu, 6 April 2016.Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan pengampunan pajak digunakan untuk merangsang wajib pajak agar dana yang disimpan di luar negeri kembali ke Tanah Air. Salah satunya ditempatkan di negara bebas pajak, seperti Panama dan British Virgin Island.

Kata Jokowi, Panama Papers berkaitan dengan kebijakan pengampunan pajak yang diusulkan pemerintah. Aturan tersebut diketahui masih belum dibahas bersama DPR.

"Ini kaitannya dengan tax amnesty (pengampunan pajak) juga," kata Jokowi. Sayangnya, dia tidak menjelaskan keterkaitan Panama Papers dengan usulan tersebut. (St Jannerson Girsang)
Share this article :

Post a Comment